USU Sejajar dengan PTN Terkemuka di Indonesia
Posted in: Pendidikan

USU Sejajar dengan PTN Terkemuka di Indonesia

USU Sejajar dengan PTN Terkemuka di Indonesia

USU Sejajar dengan PTN Terkemuka di Indonesia
USU Sejajar dengan PTN Terkemuka di Indonesia

Rektor USU Prof Dr H Runtung Sitepu SH MHum mengatakan

, suatu capaian yang menggembirakan, USU pada tahun ini berhasil memerbaiki peringkatnya dari peringkat 15 menjadi peringkat 13 sehingga menempatkan USU pada klaster 1 dalam pemeringkatan perguruan tinggi non vokasi yang dilakukan Kemenristekdikti.
Hal ini mengindikasikan bahwa USU merupakan salah satu universitas yang telah sejajar dengan universitas terkemuka lainnya di Indonesia, kata Runtung pada peringatan Dies Natalis ke 67 USU, di Auditorium USU, Selasa (24/9).

Dikatakannya, Kemenristekdikti juga melakukan pemeringkatan melalui Sience and Technology Indeks

(SINTA) yang pada tahun ini USU berada pada peringkat 4 yang berarti naik satu peringkat dari tahun sebelumnya.
Capaian lain yang diraih USU pada tingkat internasional juga mengalami peningkatan pesat. Hal ini dapat dilihat pada pemeringkatan yang dilakukan Scimago institutions rangking (SIR). Pada tahun 2018 USU berada pada peringkat 674 dunia atau peringkat 3 di Indonesia. Dan tahun ini naik menjadi peringkat 536 dunia dan peringkat 1 di Indonesia.

Setelah dilakukan penelusuran sejak 2009 ternyata belum ada perguruan tinggi di Indonesia

yang mencapai peringkat 536 dunia. Hal ini berarti USU menjadi pemecah rekor perguruan tinggi di Indonesia pada pemeringkatan SIR.
Rektor juga mengatakan, visi USU 2039 dalam statuta USU adalah, “USU menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global”, harus direalisasikan secara bertahap, katanya.
Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) USU Drs H Panusunan Pasaribu MM mengatakan, berbagai catatan prestasi dan reputasi USU sangat membanggakan telah berhasil ditorehkan kembali dalam sejarah perkembangan universitas ini. Majelis Wali Amanat secara khusus menyampaikan penghargaan, terimakasih dan rasa bangga atas keberhasilan USU. Pada tahun 2018 mendapat akreditasi A, katanya.