TUGAS FRONT OFFICE RUMAH SAKIT
Posted in: Pendidikan

TUGAS FRONT OFFICE RUMAH SAKIT

TUGAS FRONT OFFICE RUMAH SAKIT

TUGAS FRONT OFFICE RUMAH SAKIT

1. MELAYANI DAN MEMENUHI KEBUTUHAN TAMU DENGAN PROFESIONAL DAN RAMAH

Keramahan dan profesionalitas adalah hal penting yang harus dimiliki oleh petugas front office di rumah sakit. Banyak tamu rumah sakit yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan ekonomi. Ada beberapa yang memiliki sikap tidak sabar dan sangat menuntut profesionalitas dari pihak rumah sakit. Maka dari itu, salah satu syarat wajib yang harus dimiliki seorang front officer.

2. BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP SEMUA AKTÌVITAS DI FRONT OFFICE

Ada banyak sekali aktivitas yang ada di front office. Maka dari itu diperlukan ketelatenan dan ketelitian saat bertugas. Seorang front officer harus bisa mengatur semua aktivitas tersebut secara rapi dan detail. Tentu saja hal ini juga harus dilengkapi dengan penuh tanggung jawab. Tanggung jawab seorang front officer bisa dikatakan cukup berat karena mereka adalah salah satu penentu karena kepuasan konsumen adalah tanggung jawabnya.

3. MEMBANTU MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN TAMU

Proses-proses administrasi atau pelayanan di rumah sakit sangat rumit. Pengunjung rumah sakit pun berasal dari latar belakang berbeda-beda. Ada yang sudah mengerti tentang prosedur-prosedur yang akan dilalui, namun ada pula yang masih sangat awam terhadap prosedur-prosedurnya. Di sinilah peran seorang front officer sangat diperlukan. Mereka harus siap sedia untuk membantu pengunjung atau konsumen mendapatkan apa yang mereka perlukan.

4. MEMBANTU TAMU DALAM PENJADWALAN SELAMA MASA MENGINAP TÌNGGAL

Ruang rawat inap di rumah sakit sangat terbatas. Akan tetapi, jumlah pasien di rumah sakit terus bertambah. Maka dari itu diperlukan penyusunan jadwal terkait dengan ruang inap tersebut. Bagian front office memiliki tugas juga terkait dengan hal ini. Mereka bertugas pula dalam membantu tamu untuk penjadwalan selama masa menginap. Dengan begitu, tidak akan ada kasus dua atau lebih pasien yang saring memperebutkan ruang rawat inap.

5. MENGUASAI SEGALA PERATURAN DAN INFORMASI BAIK DI DALAM MAUPUN DI LUAR GEDUNG GUNA MENJAWAB ATAUPUN MEMBERIKAN MASUKAN KEPADA TAMU

Pasti akan banyak pertanyaan, masukan, dan keluh kesah dari tamu tentang pelayanan instansi tertentu. Untuk merespon itu semua, orang yang bekerja di front office perlu mempelajari segala peraturan hingga hal-hal yang berkaitan dengan instansi tempat mereka bekerja. Sebuah instansi tentu tidak akan suka jika nama baik mereka tercemar karena front officernya tidak menguasai informasi tentang instansinya.


Baca Juga :