Transformasi Warnet untuk Gamers
Posted in: Teknologi

Transformasi Warnet untuk Gamers

Transformasi Warnet untuk Gamers

Transformasi Warnet untuk Gamers
Transformasi Warnet untuk Gamers

ASAP rokok yang mengepul, debu bertebaran, dan gulungan kabel berantakan ialah sejumlah pemandangan lazim di warnet alias warung internet. Tak mengherankan jika banyak yang menganggap warnet menawarkan lingkungan yang tidak sehat bagi pengunjungnya.

Makanya sontak, kesan takjub muncul ketika kami ditunjukkan suasana Icafe yang telah disertifikasi Nvidia. Lampu-lampu hijau yang terkesan futuristik menyala di dalam ruangan, deretan komputer berjajar rapi, lengkap dengan perlengkapan audio. Tak ada satu pun puntung rokok karena semuanya berpendingin ruangan dan dilarang merokok.

Meski baru diinisiasi sejak Januari 2016, saat ini sudah ada 16 Icafe yang tersebar di 15 kota di Indonesia, di antaranya di Jakarta, Surabaya, Semarang, Makassar, dan Jambi. Padahal Nvidia hanya menargetkan 12 Icafe saja dalam setahun.

Tempat-tempat itu menjadi surga para gamer. Tidak hanya membangun dari nol, Nvidia juga bekerja sama dengan warnet yang sudah ada dan memang lama menjadi markas para gamer kasual maupun profesional. “Tentu mereka, kalau mau bergabung, harus memenuhi persyaratan kami, seperti tidak boleh merokok di dalam ruangan,” terang Consumer Lead Nvidia Indonesia Harry Kartono.

Tidak hanya sebagai hiburan, Icafe bisa menjadi tempat melatih

keterampilan bermain gim lewat kompetisi. Seperti yang akan berlangsung di penghujung tahun ini, yakni GeForce eSport Xtreme Tournament (GEXT).

Turnamen e-sports berskala nasional yang diselenggarakan Nvidia

itu akan berlangsung di semua GeForce iCafe Certified di Indonesia. Lebih dari 100 gamer akan berjuang menjadi juara di Defense of the Ancients 2 (DOTA 2). Total hadiahnya mencapai Rp175 juta.

Saat berbicara dalam peluncuran GEXT di Pullman Hotel Central Park

, Jakarta (26/10), Harry menjelaskan ajang itu diharapkan bisa semakin menumbuhkan komunitas pecinta gim sebagai e-sport. “Jadi seperti pelatnas atau pelatda dalam persiapan untuk pertandingan nasional. Tujuannya untuk menimbulkan animo komunitas,” lanjutnya.

 

Baca Juga :