Tips beli smartphone bekas, jangan sampai harga membodohi Anda!

Tips beli smartphone bekas, jangan sampai harga membodohi Anda!

Tips beli smartphone bekas, jangan sampai harga membodohi Anda!

Smartphone tidak hanya mendukung komunikasi, tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Keberadaan smartphone dengan fitur yang lebih canggih seringkali menjadi tren menarik yang diikuti oleh kaum milenial dan kalangan ekonomi menengah ke atas.

Di sisi lain, ketika jenis smartphone yang dianggap lebih canggih keluar, harga smartphone baru langsung turun. Selain itu, harga smartphone terbaru biasanya meroket sehingga sulit dijangkau kalangan menengah ke bawah. Karena dua alasan ini, smartphone bekas sering dipandang sebagai gaya hidup dan sarana komunikasi.

Nah, bagi kamu yang sedang membeli smartphone bekas, perlu mengetahui trik khusus agar tidak terkecoh. Jangan membeli smartphone yang terlalu mahal atau bahkan membeli smartphone dengan syarat yang tidak bisa direalisasi. Antara lain, trik khusus ini:
1. Periksa harga pasar
Cek harga pasaran
Sumber: pinterest.com

Sebelum membeli ponsel bekas, Anda perlu mengecek harga pasaran ponsel second. Tujuannya tentu saja agar Anda tidak membeli ponsel bekas dengan harga terlalu tinggi. Anda dapat menggunakan pasar dan media sosial untuk memeriksa harga pasar ponsel.
2. Siapkan alat untuk memeriksa kesehatan smartphone
Siapkan alat untuk memeriksa kesehatan smartphone
Sumber: pinterest.com

Sebelum melakukan deal harga, cek dulu kondisi smartphone. Anda perlu menyiapkan kartu SIM, kartu memori, power bank dan headset untuk memeriksa kondisi ponsel. Anda juga harus mencoba mengirim SMS dan panggilan untuk menguji fungsionalitas aplikasi.
3. Periksa perangkat lunak
Periksa perangkat lunak
Sumber: pinterest.com

Coba matikan smartphone lalu hidupkan kembali. Perhatikan waktu start-up, jika ponsel membutuhkan waktu lama untuk dihidupkan kembali, perangkat lunak aplikasi mungkin perlu diinstal ulang. Selain itu, Anda juga harus mencoba untuk membuka semua aplikasi, termasuk tes fungsi kamera. Jika ponsel tiba-tiba menjadi “lambat”, Anda juga perlu waspada. Anda dapat membatalkan transaksi atau menegosiasikan harga.

Saat Anda membeli smartphone bekas secara online, Anda dapat meminta penjual untuk memfilmkan booting ponsel dan menguji aplikasi.
4. Periksa IMEI
Periksa IMEI
Sumber: pinterest.com

Terakhir, Anda perlu memverifikasi keaslian smartphone dengan IMEI. Anda dapat mengetahui apakah smartphone Anda memiliki IMEI yang valid atau tidak dengan menekan *#06#. Cocokkan nomor IMEI yang muncul dengan IMEI di ponsel dan teks Dosbook.

Sumber :