Pengertian Pertumbuhan Ekonomi
Posted in: Pendidikan, Umum

TEORI PERTUMBUHAN EKONOMI

TEORI PERTUMBUHAN EKONOMI

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

 

Teori pertumbuhan ekonomi dikelompokkan dalam beberapa mazhab:
1. Mazhab Klasik
a. Adam Smith menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi akan berkembang jika mekanisme pasar berjalan dengan sempurna
b. David Ricardo : pertumbuhan ekonomi yang memusatkan peranan penduduk sebagai factor TK
c. Thomas Robert Malthus: membahas keterkaitan antara antara pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi

2. Sosialis
tokohnya Karl Mark : proses pembangunan ekonomi sebagai proses evolusi sosial yang membagi 6 tahap; komunisme awal, perbudakan, feodalisme, kapitalisme, sosialisme, komunisme

3. Neo – Keynes
Tokohnya: Roy F. Harrod ( Inggris) dan Evsey D. Domar terkenal Harrod Domar: perkembangan langsung dari teori ekonomi makro Keynes jangka pendek menjadi teori jangka panjang.
Menurut Keynes = menyangkut hub S, I dan pendapatan (Y) dalam dinamika pertumbuhan ekonomi
Harrod Domar: Investasi tidak berpengaruh terhadap permintaan agregat tetapi juga penawaran agregat dalam jk panjang investasi akan menambah modal.

4. Neo Klasik
Tokohnya Robert M. Solow (AS) dan Trevor W. Swan (Australia). Model Solow Swan menggunakan unsure: pertumbuhan penduduk, akumulasi modal,kemajuan teknologi, besarnya output yang saling berinteraksi. Menurutnya: pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses yang berkembang dengan perimbangan diantara factor – factor produksi dengan asumsi: teknologi konstan, tak ada perdagangan Ln, tak ada intervensi, pertumbuhan penduduk dan TK konstan, keadaan full employment. Teori tersebut sejalan dengan pemikiran klasik maka disebut Neo Klasik.

5. Teori Arthur Lewis
Menjelaskan bahwa pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu Negara dapat dilakukan dengan meningkatkan pertumbuhan sektor industri atau kapitalis, sehingga TK pertanian sebagian pindah ke industry, dan perpindahan ini tidak menurunkan output pertanian karena TK melimpah. Menurut Lewis syarat untuk menjadikan sektor industry sebagai mesin pertumbuhan adalah dengan meningkatkan investasi di sektor tersebut.

6. Teori Ranis dan Fei
Teori ini dikembangkan Gustav Ranis dan John Fei dalam karya mereka Development of the labor surplus economic (1964). Teori ini banyak mendapat pengaruh dari Lewis, yaitu mengenai Negara yang mengalami kelebihan TK, sedangkan kekayaan alam dikembangkan sangat terbatas. Sektor industry sangat erat dengan sektor pertanian, penarikan TK ke sektor industry akan menurunkan konsumen di sektor tersebut dan akibatnya menciptakan surplus di sektor pertanian dan dapat dijual ke pasar industry.

7. Teori Schumpeter
Menurutnya pertumbuhan ekonomi sangat ditentukan oleh kemampuan kewirausahaan, karena merekalah yang mempunyai kemampuan dan keberanian mengaplikasikan inovasi.

8. Teori W.W. Rostow ( Walt Withman Rostow) menurutnya: Negara – Negara berkembang yang ingin maju harus melalui tahap pembangunan, yaitu tradisional, transisi ( pertanian ke industry), lepas landas ( persoalan politik, sosial dapat diatasi), kematangan ( maju dan perkapita meningkat), konsumsi masa tinggi (pada masa ini struktur TK didominasi TK terdidik dan penduduk perkotaan lebih besar daripada pedesaan )

9. Pembangunan Ekonomi yaitu:
a. Adanya peningkatan GNP dari tahun ke tahun yang disertai perubahan struktur ekonomi dari tradisional menjadi modern dan adanya perkembangan IPTEK
b. Kenaikan GNP disertai pemerataan pendapatan, pertumbuhan jumlah penduduk dan peningkatan kesejahteraan masyarakat
c. Menitikberatkan pada peningkatan kualitas hasil produksi
d. Kenaikan persentase jumlah GNP lebih besar daripada persentase kenaikan jumlah penduduk

10. Pertumbuhan Ekonomi
a. Adanya kenaikan GNP dari tahun ke tahun tidak diikuti perubahan struktur ekonomi dan perkembangan IPTEK
b. Kenaikan GNP tidak diikuti peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan
c. Adanya kenaikan jumlah hasil produksi berupa barang dan jasa
d. Kenaikan jumlah GNP dari tahun ketahundan memperhatikan apakah persentase kenaikannya lebih besar/ lebih kecil dari pada persentase kenaikan jumlah penduduk


Sumber : https://rumusguru.com/