Spotify secara resmi meluncurkan fitur antrian bersama yang disebut Sesi Grup
Posted in: Teknologi

Spotify secara resmi meluncurkan fitur antrian bersama yang disebut Sesi Grup

Spotify secara resmi meluncurkan fitur antrian bersama yang disebut Sesi Grup

 

Spotify secara resmi meluncurkan fitur antrian bersama yang disebut Sesi Grup
Spotify secara resmi meluncurkan fitur antrian bersama yang disebut Sesi Grup

Spotify memperkenalkan fitur baru, Group Session, yang akan memungkinkan dua atau lebih dari pengguna Premium di ruang yang sama untuk berbagi kendali atas musik yang sedang diputar. Pada dasarnya semacam “mode pesta”, peserta Sesi Grup dapat mengontrol apa yang bermain secara real time serta berkontribusi ke daftar putar kolaboratif untuk grup.

Perusahaan mencatat bahwa fitur ini dapat digunakan di antara pasangan karantina dan keluarga – kelompok yang sekarang menghabiskan waktu berjam-jam di rumah bersama, di mana mereka sekarang bekerja, bermain, memasak, menari, dan lainnya dengan Spotify berjalan di latar belakang.

Untuk menggunakan fitur ini, “tuan rumah” akan mengetuk menu Sambungkan di sudut kiri bawah layar Putar mereka, kemudian bagikan dengan “tamu” kode yang dapat dipindai yang muncul. Para tamu kemudian bergabung dengan sesi dengan memindai kode host. Kemudian, menggunakan kontrol bawaan Spotify, mereka dapat menjeda, memutar, melompati dan memilih trek pada antrian dan menambahkan pilihan mereka sendiri untuk dimainkan selanjutnya. Perubahan yang dilakukan oleh setiap tamu segera ditampilkan ke semua perangkat peserta.

Spotify sudah menawarkan cara bagi grup untuk membagikan musik favorit mereka, tetapi dengan cara yang lebih terbatas. Perusahaan ini menawarkan cara untuk membangun daftar putar Kolaboratif dengan teman , di mana setiap orang dapat menambahkan, menghapus, dan menyusun ulang trek. Selain itu, anggota keluarga berencana Spotify Premium dapat mendengarkan daftar putar yang dipersonalisasi yang disebut Family Mix yang menggabungkan musik yang dinikmati semua orang.

Namun, tak satu pun dari opsi ini menawarkan cara untuk berkolaborasi secara real time, seperti yang dilakukan Sesi Grup.

Fitur Sesi Grup telah dalam pengujian sejak tahun lalu, di mana ia pertama kali ditemukan oleh Jane Manchun Wong, reverse engineering pada Mei 2019. Orang lain juga melaporkan melihatnya muncul di akun mereka sendiri pada bulan Agustus nanti. Itu berarti beberapa pengguna mungkin memiliki fitur sebelum hari ini. Namun, baru sekarang ini tersedia secara global untuk semua pengguna Premium.

Pada saat pengembangan awalnya, Spotify mungkin telah membayangkan fitur tersebut sebagai cara untuk

membuat aplikasinya menjadi viral, karena pengguna akan mengunduh Spotify untuk berkontribusi ke daftar putar pihak – mungkin dengan memindai kode yang muncul di TV tuan rumah pesta tersebut , sebagai contoh. Tetapi dengan pandemi coronavirus membatasi pertemuan dan orang-orang mengisolasi diri di rumah, perusahaan malah menempatkan Sesi Kelompok sebagai cara bagi keluarga dan teman serumah untuk menghibur diri.

Jane Manchun Wong
@wongmjane
· May 31, 2019
Spotify is working on Social Listening, letting friends to control music together with their own devices

Scan Spotify Code or open link for it to begin

For example, I’m listening Spotify right now. Feel free to introduce me new music: https://open.spotify.com/socialsession/4KpyAUdX9PpfDDCLrcpeoqIEXORA8a4gB62P4zz9teBJ3An2wM9wbLkcxf5I4t2oYI2jwY30zueODJ1W5pfJtuVLGEarxMKyy9nfecA0SRxd?si=hKvntHHeTc2qQYgLYeaBWA …

View image on Twitter

Jane Manchun Wong
@wongmjane
The link to control my music will only work for those with access to Social Listening, meaning only Spotify employees for now

For those at Spotify, feel free to go wild 😀

135
4:37 PM – May 31, 2019
Twitter Ads info and privacy
21 people are talking about this
Dengan mengikat fitur seperti ini ke langganan Premium, Spotify berharap untuk mendorong lebih banyak pengguna gratis untuk melakukan lompatan ke layanan streaming musik-on-demand berbayar. Ini juga saat yang tepat untuk dorongan semacam ini.

Semakin banyak orang tinggal di rumah karena pandemi coronavirus, dan mencari cara untuk dihibur. Streaming, khususnya video, sudah habis. Dan Spotify mengatakan selama penghasilannya di bulan April, mereka mengalami peningkatan dua digit selama beberapa minggu terakhir dalam mendengarkan kegiatan di rumah, seperti memasak, pekerjaan rumah, waktu keluarga, dan banyak lagi.

Hari ini, Spotify mengatakan Sesi Kelompok diluncurkan ke beta, yang berarti masih sedang diuji dan dikembangkan. Itu dapat digunakan oleh pemegang akun Premium, termasuk pengguna yang berbagi akun Spotify Premium Family yang sama. Fitur ini dapat mendukung hingga 100 pengguna, tetapi mereka harus berada di ruang fisik yang sama saat ini.

Versi yang diluncurkan hari ini adalah iterasi pertama dari fitur ini, dan Spotify berharap itu akan berkembang

seiring waktu karena ia belajar lebih banyak dari umpan balik pengguna. Bahkan mungkin berkembang melampaui orang-orang yang berbagi ruang yang sama di masa depan.

Sesi Kelompok sedang digelar hari ini, jadi Anda mungkin belum melihatnya. Fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna Premium di seluruh dunia ketika peluncuran selesai.

Baca Juga: