Snapdragon 8 Gen 1 Resmi Diluncurkan, Apa Yang Baru?

Snapdragon 8 Gen 1 Resmi Diluncurkan, Apa Yang Baru?

Snapdragon 8 Gen 1 Resmi Diluncurkan, Apa Yang Baru?

Setelah pembicaraan panjang selama beberapa minggu terakhir, Qualcomm telah secara resmi meluncurkan chipset generasi berikutnya untuk perangkat Android andalan. Ya! Seperti yang sudah diyakini banyak orang, chipset tersebut hadir dengan nama baru, Snapdragon 8 Gen 1.

Snapdragon 8 Gen 1 adalah terobosan terbaru Qualcomm dan “bersih” dari desain sebelumnya saat beralih ke set instruksi ARMv9 terbaru. Kita juga tidak perlu menunggu lama untuk melihatnya beraksi, karena smartphone komersial dengan chipset baru ini akan hadir akhir tahun ini.

Ya! Chipset ini memiliki skema penamaan terbaru, Snapdragon 8 Gen 1, 8 untuk kelas (8 adalah kelas unggulan) dan 1 untuk gen (gen pertama). Ini adalah chipset 4nm pertama Qualcomm dan yang pertama menggunakan arsitektur CPU generasi terbaru.

CPU mempertahankan desain tiga cluster. Namun, sekarang intinya didasarkan pada desain ARMv9. Itu berarti inti utamanya adalah Cortex-X2, yang akan berjalan pada 3.0GHz. Core lainnya adalah tiga core performa Cortex-A710 dengan clock 2,5 GHz dan empat core efisiensi A510 yang berjalan pada 1,8 GHz.

Secara keseluruhan, Qualcomm menjanjikan bahwa CPU baru ini akan 20% lebih cepat daripada yang ada di Snapdragon 888 sekaligus mengurangi konsumsi daya hingga 30%. Saat beralih ke GPU, Adreno baru menjanjikan peningkatan kinerja 30% dan penghematan energi hingga 25% berkat arsitektur barunya.

Qualcomm juga telah mengembangkan tiga fitur game elit, salah satunya memungkinkan pengembang untuk mencapai keseimbangan antara kinerja dan efisiensi daya. Adreno Frame Motion Engine memungkinkan GPU menjalankan game dengan kecepatan bingkai dua kali lipat sambil mengonsumsi daya yang sama.

Fitur baru lainnya yang ditambahkan Qualcomm ke Snapdragon 8 Gen 1 adalah rendering volumetrik kelas desktop. Pencahayaan volumetrik digunakan untuk efek pencahayaan dramatis, yaitu pencahayaan yang tampaknya disukai oleh tingkat desainer.

Yang juga baru adalah Variable Rate Shading Pro, VRS berbasis gambar yang akan menyederhanakan integrasi VRS ke lebih banyak game. Untuk itu, Qualcomm telah bermitra dengan beberapa pengembang game terbesar untuk memastikan game mereka berjalan dengan baik di perangkat keras yang ada.

Snapdragon 8 Gen 1 juga telah dilengkapi dengan modem X65 5G terintegrasi yang mendukung Sub-6 dan mmWave. Secara teori, ini dapat memberikan kecepatan puncak hingga 10 Gbps. Juga mendukung agregasi operator untuk uplink untuk pertama kalinya.

Untuk konektivitas lokal, ia mendukung Wi-Fi 6 dan 6E dan peningkatan pada Bluetooth. Chipset baru ini juga dapat melakukan streaming CD audio lossless melalui Bluetooth LE. Ini mendukung Bluetooth LE Audio, yang merupakan langkah besar dari teknologi yang ada.

Fitur Audio Siaran memungkinkan satu sumber untuk mengirim satu atau lebih aliran audio ke jumlah penerima yang tidak terbatas. Selain saluran suara kembali, rekaman stereo juga didukung. Qualcomm juga berupaya meningkatkan keamanan chipset baru ini dengan memperkenalkan Trust Management Engine.

Sumber :