Satu Tewas, Demo Karyawan PTFI Ricuh
Posted in: Pendidikan

Satu Tewas, Demo Karyawan PTFI Ricuh

Satu Tewas, Demo Karyawan PTFI Ricuh

Satu Tewas, Demo Karyawan PTFI Ricuh
Satu Tewas, Demo Karyawan PTFI Ricuh

Demo karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) berakhir bentrok dengan aparat keamanan, seorang pendemo tewas dan beberapa pendemo lainnya terluka. Sejumlah mobil operasional PTFI juga rusak.

Awalnya karyawan PTFI melakukan demo damai di areal gorong-gorong, untuk mengantarkan beberapa perwakilan karyawan PTFI asal tujuh suku, anggota SPSI dan perwakilan DPRD Papua, menuju ke Tembagapura, Senin (10/10).

Rencananya rombongan ini akan menuju ke Tembagapura untuk melihat operasional perusahaan, setelah dikeluarkannya surat oleh DPR Papua yang meminta operasional PTFI berhenti sementara waktu, 1 sembari menunggu tercapainya kesepakatan final antara pihak SPSI & James Moffet. Namun aksi demo damai ini dihalang-halangi oleh aparat keamanan.

Setelah beberapa saat melakukan negosiasi, tidak tahu dari mana asalnya, tiba-tiba terjadi aksi lempar batu. Aparat lalu melepaskan tembakan peringatan. Massa yang terpancing pun ikut melakukan pelemparan ke arah aparat keamanan yang memblokade akses masuk ke Terminal gorong-gorong (Mile Post 26).

Setelah beberapa saat tembakan peringatan dilepaskan, salah seorang warga yang berada beberapa meter dibopong oleh beberapa orang menuju ke arah jalan akses yang ditutup oleh aparat dengan luka berlumuran darah.

Aksi massa berlanjut dengan melempari dua mobil operasional Toyota LWB Troop Carrier hingga beberapa kaca pecah. Kericuhan tidak berlangsung lama setelah beberapa karyawan yang berada di lokasi menenangkan massa.

Setelah kericuhan terjadi, massa diarahkan untuk 2 merangsek maju kedalam terminal gorong-gorong yang ditinggal oleh aparat. Kurang lebih sepuluh aparat mengamankan diri keluar dari area kericuhan menggunakan motor. (Pengirim: Mei Susilo)

Sumber : https://pesantrenkilat.id/