refles-refleks utama yang terjadi pada bayi yang baru lahir
Posted in: Pendidikan

refles-refleks utama yang terjadi pada bayi yang baru lahir

refles-refleks utama yang terjadi pada bayi yang baru lahir

refles-refleks utama yang terjadi pada bayi yang baru lahir
refles-refleks utama yang terjadi pada bayi yang baru lahir

a. Reflek permanen

Reflex permanen adalah gerakan-gerakan reflex yang muncul sejak masa bayi dan akan tetap ada selama individu tumbuh-kembang menjadi dewasa, reflex-rfleks ini akan dibawa sepanjang hayatnya.

1) Kedipan mata

Reflek ini ditandai dengan mata secara langsung akan menutup bila memperoleh sorotan sinar yang tajam. Bila sinar tersebut dihilangkan, maka mata dapat melihat kembali dengan jelas. Bersama reflex gerakan biji mata.

2) Pernafasan

Secara otomatis sejak bayi lahir sudah memiliki reflex pernafasan yaitu reflex yang menyebabkan bayi dapat melakukan pernapasan. Reflex ini harus berfungsi secara normal karena organ paru-paru sudah mampu untuk menghirup udara (oksigen atau O2) dan mengeluarkan karbondioksida.

3) Sentakan kaki

Reflex sentakan kaki yaitu suatu reflex yang ditandai dengan gerakan kaki akan langsung tersentak, terangkat atau menghindar untuk merespon terhaddap sentuhan dari benda atau tangan orang lain. Reflex ini merupakan reaksi dari fungsi syaraf yang secara otomatis mengirim tanda (signal) sentuhan yang dapat menimbulakan gerakan reflex pada kaki.

4) Gerakan biji mata

Refleks gerakan biji mata merupakan stau reflex yang ditandai dengan gerakan biji mata untuk membuka lebar-lebar atau mengerutakannya. Bila bayi melihat sorot lampu yang makin merdup, maka biji matanya akan membuka lebar-lebar. Tapi biji mata bayi akan mengerut bila melihat sorot lampu yang tajam. Pada bayi yang mengalami gangguan mata (misalnya buta) maka bayi tidsk dapat melakukan gerakan reflex ini, karena fungsi retina mengalami gangguan. Oleh karena itu, reflex gerakan biji mata dan reflex kedipan mata juga dapat berfungsi sebagai cara untuk mengetahui kenormalan fungsi mata pada bayi.

Baca Juga: Fungsi Lembaga Keluarga

5) Batuk

Reflex batuk ditandai dengan mulut bayi akan menyemburkan lendir bening bila menelan benda-benda asing. Reflex ini erat kaitannya dengan reflex menelan.bila reflex menelan ditandai dengan keinginagn utuk menelan benda-benda apa saja yang doletakan kedalam mulut bayi, namun bila benda itu dirasakan sebagai suatu yang asing bagi bayi, (tidak enak atau tidak sesuai dengan keingianannya) maka benda itu akan segera dimuntahkannya.

6) Bersin

bila reflex batuk dirasakan pada bagian organ mulut, maka bersin merupakan refleks dari hidung melakukan reaksi terhadap benda asing. Hidung bayi akan segera mengeluarkan udara untuk bersin bila ada benda-benda asing. Reflex bersin dibawa sepanjang hayat individu.

7) Menelan

Reflex menelan ialah suatu releks yang ditandai dengan upaya untuk menelan benda-benda yang diletakan didalam mulut bayi. Benda apapun yang masuk kedalam mulut bayi, akan direspon dengan menelannya, karena bayi mempersepsikan bahwa benda tersebut sebagai suatu makanan untuk dirinya. Bayi memang belum dapat membedakan apakah benda tersebut sebagai makanan atau bukan, tetapi apapun yang masuk kedalam mulut bayi maka dianggap sebagai suatu makanan. Dengan makin bertambah usia bayi, maka bayi akan dapat membedakan macam-macam benda. Kemampuan ini dipengaruhi oleh perkembangan kognitifnya segingga tidak setiap benda akan dianggap makanan oleh bayi. Bayi hanya akan menelan satu makanan yang dapat memberi manfaat baginya, tapi bila makanan itu tidak bermanfaat (tidak enak, pahit, asam dan sebagainya) maka akan segera di muntahkan.