Posted in: Fashion

Protista mirip tumbuhan

Protista mirip tumbuhan (alga/ganggang)

Dalam sistem 5 kingdom, alga bukan nama takson dan tidak masuk dalam kingdom plantae. Alga masuk dalam kingdom protista, karena mempunyai ciri-ciri tubuh tersusun dari satu atau banyak sel, yang tidak berdiferensiasi membentuk jaringan khusus. Berdasarkan pigmen yang dikandungnya alga dibedakan manjadi 6 filum yaitu:

§  Filum Euglenophyta

Hidup di air tawar, di dalam tanah dan tempat lembab. Mempunyai ciri-ciri mirip hewan dan tumbuhan. Dianggap mirip hewan karena selnya tidak berdinding, bergerak bebas dan berbintik mata. Mirip tumbuhan karena memiliki klorofil a, b dan karotin untuk berfotosintesis. Contoh: Euglena viridis

§  Filum Alga Hijau (Chlorophyta)

Chlorophyta umumnya hidup di air tawar (90%) dan di laut (10%). Pigmen memiliki klorofil a, b, karotin dan xantofil, kloroplas mempunyai bentukseperti spiral, mangkuk, lembaran, bola. Tubuh bersel satu seperti benang, lembaran dan seperti tumbuhan tinggi. Reproduksi vegetatif dengan cara pembelahan biner, fragmentasi benang/koloni, pembentukan zoospora dan generatif dengan cara konjugasi, fertilisasi. Cara hidup dengan autotrof dan bersimbiosis dengan jamur membentuk lumut kerak. Contoh: Chlorophyta (berperan sebagai bahan obat-obatan, bahan makanan dan bahan kosmetik), ChlorococcumChlamydomonasHydrodictionVolvox globatorSpirogyra, Oedogonium, Ulva lactuva, Chara.

§  Filum Alga Keemasan (Chrysophyta)

Terdiri atas alga yang uniseluler atau multiseluler. Dibedakan dalam tiga kelas utama yaitu:

–        Kelas alga hijau-kuning (xanthophyceae), contohnya: Vaucheria sp.

–        Kelas alga coklat-keemasan (chrysopyceae), contohnya: OchromonasSynura.

–        Kelas diatom (bacillariophyceae), contohnya: NaviculaPinnulariaCyclofella.

§  Filum Alga Api (Pyrrophyta)

Disebut juga dinoflagellata, tubuhnya tersusun atas satu sel dan berdinding sel, dapat bergerak aktif, habitat di laut bersifat fosforesensi (memancarkan cahaya) Sebelah luarnya terdapat celah atau alur, masing-masing mengandung satu flagel. Pigmennya klorofil dan coklat kekuning-kuningan, contohnya Peridium.

§  Filum Alga Coklat (Phaeophyta)

Bentuknya seperti tumbuhan tinggi, sebagian besar hidup di laut. Tubuhnya melekat di bebatuan, sedangkan talusnya terapung di permukaan. Pigmennya fikosantin, klorofil a, klorofil c, violaxantin, b-karotin, diadinoxantin. Cadangan makanan berupa lamirin yang disimpan dalam pirenoid, ruang antar sel pada dinding selnya mengandung asam alginat (algin). Reproduksi vegetatif zoospora berflagel dan fragmentasi, generatif dengan cara oogami atau isogami. Contohnya: Sargassum muticum (gulma laut), Fucus serratusMacrocystis pyrifera (alga raksasa), Turbinaria decurrens.

§  Filum Alga Kemerahan (Rhodophyta)

Habitat sebagian besar di laut (rumput laut) dan sebagian kecil di air tawar. Pigmen klorofil a, b dan fikoeritrin, karoten. Reproduksi vegetatif membentuk tetraspora dan generatif dengan cara oogami. Contohnya : Carollina., Palmaria, Batrachospermum moniliforme, Gelidium (agar-agar), Gracilaria, Euchema (kosmetik), Scinaia furcellata

Pos-pos Terbaru