Posted in: Pendidikan

Presentasi Diri

Presentasi Diri

            Presentasi diri adalah penampilan seseorang secara keseluruhan. Penampilan diri, sering juga dikenal dengan istilah grooming. Grooming adalah penampilan diri seseorang yang selalu terjaga dan selalu rapi. Penampilan diri harus serasi dan menarik agar disukai oleh orang lain. Penampilan menarik mencerminkan kepribadian orangnya. Orang yang berpenampilan menarik akan dinilai sebagai orang yang berkepribadian baik. Sebaliknya, orang yang kurang memperhatikan penampilannya dinilai sebagai orang yang berkepribadian kurang baik meskipun hal ini tidak berlaku mutlak.

            Penampilan diri yang serasi dan menarik, sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama orang yang banyak berhubungan dengan orang lain sehingga dapat memberi respon yang positif. Untuk mencapai penampilan diri yang menarik seseorang harus mampu menganalisis dirinya sendiri dan memakai pakaian yang tepat pada waktu yang tepat pula. Selain itu, perlu pula diperhatikan warna dan corak busana, dandanan, raut wajah, gaya berjalan, cara makan dan minum yang merupakan unsur penting dalam penampilan yang serasi dan menarik. Penampilan diri yang serasi dan menarik, tidak hanya dilihat dari penampilan luar saja, tetapi juga harus didukung dan timbul dari dalam diri.

  1. Tata cara berbusana yang baik

           Busana kerja harus mampu mencerminkan kepribadian dan profesi. Untuk perusahaan-perusahaan tertentu sudah disediakan seragam kerja, tetapi jika tidak ada, maka, pakailah busana kerja yang sifatnya basic dengan warna putih, hitam atau coklat. Boleh juga memakai warna cerah dan bahan bercorak kecil. Biasanya wanita memakai blus lengan panjang atau pendek, rok pendek sebatas lutut atau rok panjang dibawah betis, serta bisa juga celana panjang. Bagi pria bila harus memakia dasi, pakailah dasi dengan corak dan warna lembut serta serasi dengan kemeja dan celan panjang. Berbusana serasi dan menarik harus pula meliputi pilihan yang tepat dan sesuai dengan kepribadian dan pembawaan.

           Dari cara berbusana, seseorang dapat dinilai kepribadiannya, tingkat kependidikannya, dan lingkungan pergaulannya. Untuk dapat berbusana dengan baik, perlu juga diketahui jenis pakaian resmi menurut tata cara berbusana internasional, yaitu sebagai berikut.

1)      Pakaian lengkap

Pakaian lengkap terdiri atas pentalon, jas, dasi. Pada pagi hari sebaiknya tidak memakai warna hitam, tetapi warna terang (light colour). Pada waktu upacara kenegaraan sebaiknya berpakaian jas resmi dan lengkap, kecuali jika ada kartu undangan tertulus dress code nya.

2)      Pakaian resmi (black tie)

Pakaian resmi (black tie) terdiri dari celana hitam, kemeja putih, dasi kupu-kupu hitam, kaos kaki hitam dan sepatu hitam. Di Indonesia, masalah pakaian resmi sangat fleksibel, sehingga tidak harus jas resmi.

3)      Dark suit

Pakaian dark suit dianggap pakaian resmi untuk budaya berbusana bangsa Indonesia. Pakaian jenis ini dapat dipergunakan untuk pakaian sehari-hari, pada acara resmi kenegaraan di Indonesia banyak para pejabat kita yang memakai kemeja batik, yang penting sopan dan menarik.

sumber :

https://goodluckdimsum.com/soccer-revolution-apk/