Posted in: Pendidikan

Permasalahan yang Dihadapi dalam Pengelolaan Kelas

Permasalahan yang Dihadapi dalam Pengelolaan Kelas

Dalam suatu pengelolaan pasti terdapat hambatan-hambatan atau permasalahan yang terjadi. Sama halnya dengan pengelolaan yang ada pada manajemen kelas. Dalam menciptakan kelas efektif dalam penerapannya banyak dijumpai berbagai kasus atau permasalahan. Masalah yang timbul dapat berasal dari peserta didik, guru, kondisi kelas dan situasi sekolah. Menurut Tim Dosen AP dalam Nurabadi (2016) menjelaskan bahwa masalah yang muncul di kelas yang dapat memungkinkan menganggu terjadinya proses kegiatan pembelajaran terdiri dari dua macam, yaitu:

  1. Masalah Individu

Masalah individu yaitu permasalahan yang melekat pada diri peserta didik baik dari aktivitasnya yang ada di rumah, jalan dan lingkungan sekolah hingga permasalahan yang ditimbulkan pada saat pembelajaran berlangsung, karena interaksinya dengan antar peserta didik lain maupun dengan gurunya.

  1. Masalah Kelompok

Masalah kelompok adalah masalah yang ditimbulkan dari adanya kolektivitas peserta didik yang tidak terorganisir sehingga memicu kecemburuan antar peserta didik dan ketidaksetujuan yang tidak dikemukakan yang pada akhirnya menurunkan partisipasi peserta didik dalam belajar.

Sedangkan menurut Gunawan (2016:14), mengungkapkan bahwa permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru dalam pengelolaan kelas, yaitu: (1) tingkat penguasaan materi oleh peserta didik; (2) fasilitas yang diperlukan dalam kegitan pembelajaran; (3) kondisi dari peserta didik; dan (4) teknik mengajar yang digunakan guru. Masalah individu yang tidak terpenuhinya kebutuhan diterima kelompok dan kebutuhan untuk mencapai harga diri. Hal tersebut dapat memicu terjadinya tindakan peserta didik yang dapat digolongkan menjadi dua tindakan, yaitu: (1) tingkah laku yang ingin mendapatkan perhatian dari orang lain; dan (2) tingkah laku yang ingin menunjukkan kekuatan yang dimilikinya.

baac juga :