Pengertian Yakult: manfaat, perubahan, fermentasi, proses

Memahami Yakult
Baca Cepat Buka

Yakult adalah minuman susu fermentasi yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup strain Lactobacillus casei Shirota. Dalam setiap botol Yakult terdapat lebih dari 6,5 miliar bakteri L. Casei Shirota Strein yang mampu melewati asam lambung dan empedu sehingga dapat berperan maksimal di usus. Pada tahun 1930, mendiang Dr. Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult, telah berhasil membudidayakan berbagai jenis bakteri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang paling tahan terhadap cairan pencernaan. Selain itu, Dr. Minoru Shirota juga memperkuatnya sehingga menjadi strain baru yang unggul.

Pengertian-Yakult-manfaat-perubahan-fermentasi-proses

Oleh karena itu, berbeda dengan bakteri lainnya, bakteri ini dapat mengatasi berbagai hambatan fisiologis seperti asam lambung dan empedu sehingga dapat mencapai dan bertahan hidup di usus manusia. Dari dalam usus, bakteri ini membantu meningkatkan kesehatan kita dengan mengaktifkan sel kekebalan, meningkatkan jumlah bakteri berguna, dan mengurangi jumlah bakteri berbahaya. Menurut Margawani (1995), Lactobacilllus casei merupakan strain unggul yang mudah dan cocok untuk pengembangbiakan pada minuman berbahan dasar susu. Selain mampu menahan pengaruh asam lambung, bakteri tersebut juga mampu bertahan di empedu sehingga bisa bertahan hingga usus halus.

Read Others: Memahami Sistem Menurut Para Ahli

Manfaat Yakult

Dengan mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan setidaknya 6,5 ​​milyar strain Lactobacillus casei Shirota yang hidup ke dalam usus kita. Usus kita memainkan peran penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaan dimulai dari usus. Oleh karena itu, hal terpenting dalam menjaga kesehatan adalah menjaga kesehatan usus. Manfaat Yakult terletak pada bakteri yang mampu hidup hingga usus kita, oleh karena itu bakteri tersebut dapat memberikan manfaat seperti:

Mencegah gangguan pencernaan
Tingkatkan daya tahan
Meningkatkan jumlah bakteri berguna di usus
Mengurangi racun di usus
Membatasi jumlah bakteri berbahaya di usus

Perubahan Kandungan Gizi Selama Proses Fermentasi

Pembuatan yakult menurut Kurman (1992) adalah dengan mensterilkan susu terlebih dahulu selama 3 sampai 4 detik, kemudian ditanamkan kasus Lactobacillus terlebih dahulu pada suhu 140 ° C selama empat hari. Nilai gizi yakult yaitu protein (shirota strain) diinkubasi pada suhu 37 ° C, 1,2%, lemak 0,1%, mineral 0,3%, karbohidrat 16,5%, air 81,9%, dan nilai kalori 100. g. Kandungan gizi dan kesehatan Yakult Kalori 50 kkal, protein 0,8 g, lemak 0,0 g, karbohidrat 11,3 g kalsium 30 mg, natrium 14 mg, indeks glikemik 46 (rendah) Menurut Margawani (1995), Lactobacilllus casei merupakan strain unggul yang mudah dan cocok untuk pengembangbiakan pada minuman berbahan dasar susu. Selain mampu menahan pengaruh asam lambung, bakteri tersebut juga mampu bertahan di empedu sehingga bisa bertahan hingga usus halus. Perubahan komposisi kimiawi susu, terjadi akibat fortifikasi oleh bakteri. Perubahan karbohidrat merupakan salah satu perubahan yang memiliki peran penting dalam susu fermentasi. Perubahan karbohidrat menyebabkan berbagai perubahan komposisi senyawa lain dalam susu fermentasi. Fortifikasi oleh bakteri asam laktat pada susu dapat menghasilkan produk susu fermentasi seperti yakult, yogurt, dan kefir.
Baca Lainnya: Memahami Flashdisk

Fermentasi Yakult

Berikut ini adalah beberapa proses fermentasi yakult, yaitu:

Proses pembuatan yakult dengan cara memfermentasi campuran susu skim bubuk dan glukosa menggunakan strain Lactobacillus casei Shirota. Yakult terbuat dari ramuan strain hidup bakteri Lactobacillus casei Shirota, susu bubuk skim, sukrosa dan glukosa, perasa, air, dan tidak menggunakan bahan pengawet.
Yakult dapat bertahan dari saat pembuatan hingga tanggal kedaluwarsa tanpa menggunakan bahan pengawet karena asam laktat yang diproduksi secara alami selama proses fermentasi dapat memperpanjang umur simpannya, sehingga disimpan secara higienis pada suhu di bawah 10 ° C.
Yakult merupakan produk susu fermentasi dengan menggunakan starter tunggal yaitu Dornic atau asam Lactobacillus casei 0,5%. Laju pertumbuhan bakteri ini sekitar 50 laktat setelah 48 jam. Lactobacillus casei merupakan batang tunggal dan termasuk dalam golongan bakteri heterofermentatif, fakultatif, mesofilik, dan berukuran lebih kecil dari Lactobacillus bulgaricus, Lactobacillus acidophillus, dan Lactobacillus helveticus. Lactobacillus casei akan mengubah ribosa menjadi asam laktat dan asam asetat, perubahan ribosa diinduksi oleh facetolase.
Bakteri asam laktat akan menghidrolisis laktosa dalam susu menjadi berbagai senyawa karbohidrat sederhana seperti glukosa dan galaktosa seperti yang terdapat pada produk yakult.

Proses Pembuatan Yakult

Proses Pembuatan Yak

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/kinemaster-diamond/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/pengertian-pendapatan-per-kapita-adalah/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/gbwhatsapp/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/kinemaster-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/alight-motion-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/sejarah-berdirinya-pbb/
https://projects.co.id/public/browse_users/view/ab4512/ojelhtc
https://blog-mahasiswa.uin-suska.ac.id/susanti/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/kinemaster-diamond/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/kinemaster-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/alight-motion-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/pengertian-enzim-laktase/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/pengertian-lingkungan-sosial/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/pengertian-komunikasi-non-verbal/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/alight-motion-pro/