Posted in: Pendidikan

PENGERTIAN TAWURAN

PENGERTIAN TAWURAN

          Berbagai masalah tentang masalah tawuran antar pelajar pada masa ini, terutama di negara kita Indonesia, yang dikenal dengan baik budaya ketimuran kita yang terkenal mengerti akan sopan santun juga marak terjadi.

                Tawuran adalah masalah sosial berupa pertikaian diantara 2 kelompok atau lebih yang dilakukan dengan cara kekerasan dan menimbulkan banyak dampak negative. Tawuran biasanya terjadi pada remaja usia 12-19 tahun.

2.2           PENYEBAB TAWURAN

        Bahwa dikalangan pelajar SMA N 2 Balikpapan masih sering terjadi tawuran antar pelajarbaik dari luar sekolah maupun dalam sekolah, pelajar masih belum bisa mengendalikan emosi, ego masing-masing, disebabkan itu masih sering terjadinya tawuran, penyebabnya tawuran pun beragam diantaranya faktor internal, ekternal, dan sebagainya.

Semua itu dikarenakan pelajar sekarang mentalnya mudah naik turun, akal sehat dan pikiran panjangnya pun tidak digunakan. Mereka hanya mementingkan kepentingan sendiri atau golongan atau menuruti emosi atau juga mengandalkan ototnya saja, seperti tawuran antar siswa. Akhirnya pun akibat yang mereka rasakan berat bagi keluarga, masyarakat, bahkan negara sekalipun.

Keadaan itupun diperparah dengan mulai mengalirnya kekerasan yang mulai menutupi budaya yang sopan, dan melalui media-media massa, seperti koran atau majalah, dan media-media elektronik, seperti halnya televisi atau internet.

Apalagi di zaman serba modernisasi dan globalisasi, informasi tersebut makin menyebar ke seluruh pelosok dunia. Budaya sopan santun dari Indonesia pun mulai ditanggalkan dan hanya dianggap kuno. Makin banyak anak yang tidak punya sopan santun dan tata krama terhadap teman, bahkan terhadap orang tua.

Akibatnya, para pelajar pun rentan sering terjadi tawuran, terutama para pelajar SMA/SMK. Hal yang sama juga dapat terjadi pada pelajar SMP dan masyarakat umum. Ditambah lagi, apabila terdapat korban.
Semua masalah itu akan menyebabkan image pelajar dan sekolah menjadi buruk di mata masyarakat umum. Kita sebagai pelajar yang perannya sebagai penerus kejayaan bangsa Indonesia pun harus malu dan berani memutar balikkan hal negative yang ada untuk kepentingan bangsa kedepannya.

sumber
https://deevalemon.co.id/seva-mobil-bekas/