Pengertian Ruralisasi
Posted in: Pendidikan

Pengertian Ruralisasi

Pengertian Ruralisasi

Pengertian Ruralisasi

 Ruralisasi adalah

proses perpindahan penduduk dari suatu daerah di perkotaan yang padat penduduknya ke daerah lain di pedesaan yang masih jarang penduduknya. Pada umumnya mereka yang melakukan ruralisasi dulunya pernah juga melakukan urbanisasi, tapi cukup banyak juga masyarakat kota yang melakukan ruralisasi.


Mungkin banyak yang mengganggap arti ruralisasi sama dengan urbanisasi, padahal keduanya berbeda. Ruralisasi dilakukan ketika kepadatan masyarakat di perkotaan sudah sangat tinggi dan keseimbangan populasi sudah terganggu.


Sebagian masyarakat kota tersebut akhirnya pindah ke daerah pedesaan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan berkualitas. Selain karena di daerah pedesaan masih tersedia ruang yang cukup banyak untuk tempat tinggal, daerah pedesaan juga dianggap lebih sehat ketimbang di perkotaan.


Konsep Ruralisasi

Dengan konsep ruralisasi yaitu perpindahan penduduk dari kota ke desa, dapat mengurangi kepadatan penduduk. Keuntungan yang didapat dari konsep ini selain pemerataan penduduk, pembangunan di pedesaan pun dapat berkembang dengan masuknya masyarakat perkotaan. Adapun faktor lain pendorong konsep ini selain wilayah yang luas, diantaranya kejenuhan tinggal di kota, harga lahan di kota semakin mahal sehingga tidak terjangkau, keinginan untuk memajukan desa atau daerah asalnya, merasa tidak mampu lagi mengikuti dinamika kehidupan di kota.


Faktor penarik diantaranya harga lahan di pedesaan relatif masih murah, pola kehidupan masyarakatnya lebih sederhana, suasana lebih tenang, sehingga cocok untuk penduduk usia tua dalam menjalani masa pensiun, adanya perasaan keterkaitan dengan daerah asal atau kenangan masa kecil. Hal ini dilakukan karena meningkatnya urbanisasi yang tidak dapat dikendalikan dan memusatnya pertumbuhan penduduk yang tinggi di perkotaan. Jika masyarakat urban tidak mau kembali ke daerah asal.


Maka dapat dilakukan konsep sebaliknya penduduk kota yang berpindah ke desa dengan syarat telah dilakukan pemerataan pembangunan. Adapun usaha yang dapat dilakukan pemerintah:


  1. Desentralisasi, yaitu pembangunan yang tidak hanya memusat di kota, namun menyebar ke daerah-daerah.
  2. Modernisasi desa, yaitu pengembangan program pembangunan daerah dengan berbagai kegiatan.
  3. Meningkatkan hasil-hasil pertanian melalui intensifikasi pertanian ataupun ekstensifikasi pertanian.
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana transportasi dan komunikasi antardaerah. e. Meningkatkan kegiatan sentra industri kecil dan sedang di pedesaan.

Sumber: https://bradymuseum.org/monsterbusters-apk/