Definisi, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopsoni

Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Monopsony Market, penjelasannya juga dilengkapi dengan pengertian, fitur, contoh, kelebihan dan kekurangan dari Monopsony Market, yang akan dijelaskan lengkap di bawah ini:

pengertian-pasar-monopsoni

Pahami Pasar Monopsoni

Pasar monopsoni adalah suatu kondisi di mana satu (1) pelaku ekonomi mengontrol penerimaan pengiriman atau menjadi pembeli tunggal barang dan / atau jasa di pasar komoditas.

Yang dimaksud dengan pasar monopsoni adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat satu (1) konsumen (biasanya pelaku usaha) yang menjadi satu-satunya pembeli dan sekaligus menguasai pasar komoditas.

Pasar monopsoni ini merupakan bagian dari persaingan yang tidak sempurna, yaitu persaingan yang tidak terorganisir dengan baik. Kondisi pasar monopsoni ini juga sering terjadi di areal perkebunan dan juga di industri hewan (ayam), sehingga posisi tawar harga bagi peternak adalah minuman keras.

Contoh pasar monopsoni adalah pasar sayur dan peternakan sapi perah di daerah terpencil, dan juga sulit didistribusikan ke lokasi lain untuk menjual produknya ke konsumen.

Fitur pasar monopsoni

Di bawah ini adalah ciri atau ciri dari Monopsony Market ini diantaranya sebagai berikut:

  • Hanya ada satu pembeli.
    Pembeli pada umumnya adalah pelaku usaha yang menjual kembali produk pabrikan. Pelaku usaha kemudian menjual kembali produknya dengan harga yang lebih tinggi sehingga memperoleh keuntungan.
  • Harga ditentukan oleh pembeli.
    Pembeli memiliki kendali penuh atas harga di pasar ini. Tak jarang harga yang ditawarkan pembeli tidak sesuai dengan ekspektasi produsen, namun masih dapat diterima karena sangat sulitnya mencari pembeli lain. Sekalipun pembeli memiliki kesempatan untuk menetapkan harga, masih ada ketentuan dan aturan yang harus diperhatikan, misalnya disesuaikan dengan harga pasar.
  • Produk yang dijual adalah bahan mentah.
    Sebagian besar produk yang diperdagangkan di pasar monopsoni ini merupakan produk mentah yang kemudian dijual pembeli ke pihak lain.
  • Penghasilan tidak setara.
    Ketidakadilan sering terjadi di pasar ini dimana produsen tidak berperan dalam menentukan harga dan juga sulit berkembang karena seringkali menjual produknya dengan harga yang murah.
  • Sengketa sering muncul antara penjual dan pembeli.
    Perselisihan antara pembeli dan penjual tidak jarang terjadi di pasar ini. Hal ini terjadi karena harga yang ditawarkan pembeli jauh dari ekspektasi penjual sehingga penjual merasa dirugikan. Sengketa juga muncul karena tidak ada pihak ketiga, misalnya pemerintah, yang mengatur harga suatu produk agar kedua belah pihak bisa saling menguntungkan.

Pro dan kontra dari pasar monopsoni

Berikut garis besar pro dan kontra dari Pasar Monopsoni ini, diantaranya sebagai berikut:

Keuntungan dari pasar monopsoni

Keuntungan dari Pasar Monopsoni meliputi:

  • Kualitas produksi terjamin karena pembeli hanya menerima produk yang berkualitas.
    Kreativitas produsen diasah karena selalu berusaha berinovasi dan berkreasi membuat barang berkualitas dengan harga murah agar tidak gulung tikar (bangkrut).
  • Harga yang ditetapkan oleh pembeli tanpa memperhitungkan kondisi inflasi atau deflasi, yaitu penentuan harga di pasar cenderung lebih mudah.
  • Penjual juga tidak perlu melakukan promosi karena pembeli dapat menemukannya dengan mudah. Pembeli yang satu ini (1) akan mengambil semua produk dari banyak produsen lain.
  • Alur penjualan lebih mudah dikelola karena hanya ada satu pembeli dan pembayaran langsung dilakukan tanpa menunggu produk dijual ke pengguna akhir.

Kerugian dari pasar monopsoni

Adapun kekurangan dari Pasar Monopsoni ini antara lain sebagai berikut:

  • Pembeli bisa bertindak sewenang-wenang.
  • Aspirasi penjual juga tidak terdengar.
  • Hanya penjual yang menanggung masalah ekonomi ini.

Contoh pasar monopsoni

Di bawah ini adalah beberapa contoh Pasar Monopsoni, termasuk yang berikut ini:

  • Produsen yang menghasilkan produk dengan bahan baku kopi kemudian membeli biji kopi di semua jenis perkebunan
  • Peternak susu sapi ini hanya bisa menjual susu sapi ke satu penjual, karena di wilayahnya hanya ada satu penjual.

Sekian, dan terima kasih telah membaca tentang pemahaman Pasar Monopsoni, fitur, kelebihan, dan kelemahannya. Semoga apa yang disajikan bisa bermanfaat untuk anda.

Sumber :