PENGERTIAN NORMA AGAMA
Posted in: Pendidikan

PENGERTIAN NORMA AGAMA

PENGERTIAN NORMA AGAMA

PENGERTIAN NORMA AGAMA

Selanjutnya ada norma agama. Norma agama ialah petunjuk atau peraturan hidup yang berisi anjuran, larangan serta perintah yang sumbernya adalah Tuhan langsung. Karenanya, bisa ditarik kesimpulan bahwasanya yang menjadi sumber norma agama ialah ketentuan Tuhan yang dimuat dalam kitab suci tertentu sehingga sifatnya adalah mutlak.

Secara umum, norma agama ini mengharuskan setiap manusia untuk menjunjung tinggi semua nilai kemanusiaan dan mewujudkan keimanan di dalam kehidupan sehari-harinya. Tentunya semua itu harus disesuaikan dengan firman Tuhan yang terdapat dalam kitab suci tersebut. Berbeda dengan norma kebiasaan dan norma hukum, sanksi pelanggaran norma agama ini sifatnya adalah tidak langsung.

Kenapa demikian? Karena sanksi tersebut baru akan diberikan saat di akhirat nanti. Adapun kemungkinan sanksi yang akan dirasakan oleh pelanggar norma agama saat masih di dunia adalah goncangan jiwa, perang batin, stres, depresi dan berbagai perasaan tak menyenangkan lainnya yang bisa menyebabkan pelaku merasa tidak tenang dalam hidupnya.

Rata-rata orang yang taat menjalankan agamanya juga akan taat dengan norma-norma yang lainnya termasuk norma hukum. Adapun contoh dari norma agama diantaranya adalah perintah agar anak berbakti pada kedua orang tuanya, perintah agar bersikap hormat pada orang lebih tua, dilarang berkata kotor, dilarang berzina, dilarang mencuri, dilarang untuk membunuh sesama dan masih banyak lagi.


Sumber: https://www.7-ksa.net/dead-zone-apk/