Posted in: Pendidikan

Pencarian Kerja

Pencarian Kerja


Salah satu alasan mengapa pengangguran selalu ada dalam perekonomian adalah pencarian kerja. Pencarian kerja (job search) adalah proses mencocokkan pekerja dengan pekerjaan yang sesuai.
Mengapa Sejumlah Pengangguran Friksional Tidak Dapat  Dihindari ?
Pengangguran friksional tidak dapat dihindari karena perekonomian memang selalu berubah – ubah. Ketika terjadi masa peralihan ini, pekerjaan tersedia disebagian perusahaan dan dihilangkan diperusahaan lain.
Kebijakan Publik Dan Pencarian Kerja
Banyak program pemerintah yang berupaya untuk memudahkan pencarian kerja dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui badan penempatan kerja yang dijalankan oleh pemerintah yang menyarkan informasi tentang lowongan kerja. Cara lainnya adalah melalui program-program pelatihan untuk umum yang bertujuan untuk mempermudah transisi pekerja dari industri yang merosot menuju industri yang berkembang.
Tunjangan Pengangguran
Salah satu program pemerintah yang meningkatkan jumlah pengangguran friksional, meskipun tidak sengaja, adalah tunjangan pengangguran (unemployment benefits). Program ini bertujuan untuk memberikan kompensasi parsial bagi pekerja akibat kehilangan pekerjaan.

Peraturan Upah Minimum

Mayoritas pekerja dalam perekonomian memiliki upah jauh di atas upah minimum berdasarkan peraturan. Peraturan upah minimum bersifat paling mengikat terhadap anggota angkatan kerja yang paling tidak terampil dan berpengalaman, misalnya kalangan remaja. Peraturan upah minimum hanyalah satu alasan mengapa upah menjadi “terlalu tinggi”. Pengangguran struktual terjadi akibat upah yang berada diatas upah keseimbangan, dalam pengertian penting, berbeda dengan pengangguran friksional yang terjadi akibat proses pencarian kerja. Apabila pencarian kerja menjadi alasan terjadinya pengangguran, para pekerja mencari pekerjaan yang paling sesuai dengan minat dan keterampilan mereka. Sebaiknya, apabila upah berada diatas titik keseimbangan, jumlah penawaran tenaga kerja melebihi jumlah permintaan, dan para pekerja menjadi pengangguran karena mereka menunggu adanya lowongan kerja.

baca juga :