Posted in: Pendidikan

 Pemaksimuman Keuntungan dalam Monopoli

 Pemaksimuman Keuntungan dalam Monopoli

Kurva hasil penjualan total (TR), Kurva hasil penjualan rata-rata (D=AR), dan kurva hasil penjualan marjinal (MR), dalam perusahaan monopoli berbeda dengan diperusahaan yg berada dalam pasar persaingan sempurna. Dalam monopoli kurva permintaan DD=AR menurun dari kiri-atas ke kanan-bawah. Akibatnya MR menurun kebawah dan berada di bawah kurva DD dan kurva TR berbentuk U yang terbalik.

  1. Monopoli dan Diskriminasi Harga

Terbuka Kemungkinan kepada perusahaan monopoliuntuk menjual barangnya di dalam dua pasar (pasar dalamdan luar negri) yang sangat berbeda sifatnya. Untukmemaksimumkan keuntungan perusahaan monopoli dapat menjalankan kebijakan Diskriminasi Harga.

  1. Syarat-Syarat Diskriminasi Harga

1)      Barang tidak dapat dipindahkan dari satu pasar kepasar lain.

2)      Sifat barang atau jasa itu memungkinkan dilakukandiskriminasi harga.

3)      Sifat permintaan dan elastisitas permintaan di masing-masing pasar haruslah berbeda.

4)      Kebijakan diskriminasi harga tidak memerlukan biayayang melebihi tambahan keuntugan yang diperolehtersebut.

5)      Produsen dapat mengeksploiter beberapa sikap tidakrasional konsumen.

  1. Contoh-Contoh Kebijakan Diskriminasi Harga

1)      Kebijakan diskriminasi harga oleh perusahaan monopoli pemerintah Perusahaan listrik negara yg membedakan tarif antara yang dipakai kegiatan rumah tangga dengan tarif yang dipakai kegiatan perusahaan

2)      Kebijakan diskriminasi oleh jasa-jasa profesional Dokter, guru kursus privat, dll, melakukan diskriminasi harga tergantung dari keadaan ekonomi calon konsumen

3)      Kebijakan diskriminasi harga di pasar internasional

Perusahaan membedakan antara harga yang dijual didalam negeri dengan harga untuk penjualan ke luar negeri.

  1. Pengendalian Harga dalam Monopoli Alamiah

Monopoli alamiah adalah perusahan yg terus menerus menikmati skala ekonomi hingga pada tingkat produksi yang sangat banyak jumlahnya, berarti AC terus menerus turun hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.

  1. Monopoli Alamiah dan Pemaksimuman Keuntungan

Untuk memaksimumkan manfaat dari kegiatan perusahaan seperti perusahaan listrik, air dan perusahaan jasa pos dan telepon, campur tangan pemerintah sangat diperlukan untuk menjamin kegiatan perusahaan tersebut agar dapat menguntungkan masyarakat. Dengan cara mengendalikan dan menetapkan harga barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan monopoli.

  1. Perbandingan Efisiensi Monopoli dan Persaingan Sempurna.

Perbandingan ini akan dilakukan dengan melihat dua keadaan, yaitu:

1)      Biaya Produksi Sama

Perbandingan efisiensi diantara pasar persaingan sempurna dan monopoli dalam menggunakan sumber-sumber daya, memproduksikan barang, dan meminimumkan biaya produksi per unit.

2)      Biaya Produksi Berbeda

Sekiranya monopoli dapat menikmati skala ekonomi sehingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi, kurva biaya rata-rata akan berbeda dari yang dimisalkan.

 

Pos-pos Terbaru