Mudahnya Menanam Tanaman Pepaya
Posted in: Perkebunan

Mudahnya Menanam Tanaman Pepaya

Mudahnya Menanam Tanaman Pepaya

Mudahnya Menanam Tanaman Pepaya

Tanaman yang dapat hidup di berbagai tempat , baik daerah tropis maupun sub tropis, dataran rendah maupun dataran tinggi, serta perawatan nya yang “Nggak Ribet” ini menjadikan Pepaya menjadi tanaman tumbuh di hampir seluruh belahan dunia.
Meski tanaman ini bisa tumbuh di berbagai tempat, namun untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah, membutuh kan tempt dengan hembusan angin yang baik. tiidak terlalu kencang karena diperlukan dalam proses penyerbukan bunga. serta tempat dengan suhu udara rata-rata 22 sampai 26 derajat celcius serta kelembaban sekitar 40%. dan harga buah pepaya bisa di bilang cukup stabil.

Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan pepaya dengan hasil yang optimal, berikut langkah-langkah menanam pepaya yang bisa dijadikan pedoman.

 

1. Pembibitan

a. Pilihlah benih pepaya dari buah yang sudah benar-benar tua, atau anda bisa langsung membeli nya di toko pertanian maupun toko toko tanaman.
b. Jenis pepaya yang hendak di tanam harus lah dari jenis yang unggul, misalnya jenis pepaya california.

 

2. Media tanam

a. Setelah bibit di siapkan, selanjutnya persiapkan lahan yang akan di tanami pepaya. seperti menanam buah yang lain. dalam menanam pepaya, lahan harus di gemburkan terlebih dahulu. buatlah bedegan agar memudahkan proses pengairan.
b. Bersihkan gulma atau rumput dan berikan pupuk paling tidak seminggu sebelum di tanam agar tanah mendapat nutrisi.
c. Diamkan lahan yang sudah di oleh selama seminggu atau 8 hari agar bibit penyakit dan bakteri pengganggu lain nya mati.

 

3. Penanaman

a. Masukkan bibit pepaya kedalam lubang tanam. kemudian tutup dengan tanah yang sudah di campur dengan pupuk kandang serta abu bakar dengan dosis 1;1;1

 

4. Perawatan

Dalam hal perawatan, buah pepaya tidaklah membutuhkan perawatan yang banyak dan terbilang mudah dalam merawatnya, berikut beberapa pedoman dalam perawatan buah pepaya.
a. Pengairan , lakukan pengairan tiap pagi atau sore jika sedang tidak musim hujan, agar bibit pepaya tidak layu dan mendapat nutrisi.
b. Penyiangan, bersihkan tanaman pengganggu seperti rumput dan lain nya yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman pepaya, serta lakukan penggemburan tanah di sekitar pangkal tanaman.
b. Pemupukan, pemupukan dapat di lakukan setiap dua bulan sekali. gunakan pupuk organik dan anorganik di setiap pangkal pohon pepaya.

 

5. Panen

Panen dapat di lakukan setelah tanaman berusia sembilan sampai sepuluh bulan, biasanya panen sudah bisa di lakukan jika buah pepaya telah berwarna kuning atau ke merah-merahan. periode panen bisa dilakukan setiap 3 sampai 7 hari. setiap pohon pepaya biasanya mampu menghasilkan 50 hingga 150 butir buah dalam panen pertama. namun produktivitasnya akan menurun di setiap panen berikut nya.

 

6. Usia

Pohon pepaya mampu bertahan hidup dalam kurun waktu 5 tahun lebih, namun jika tanaman sudah berumur 4 tahun, sebaik nya ganti dengan tanaman yang baru untuk pendapatan yang optimal.

 

 

Sumber : https://anekabudidaya.com/