Posted in: Pendidikan

Merdeka Belajar, Membaca Buku Bisa Dimana Saja

Merdeka Belajar, Membaca Buku Bisa Dimana Saja

Pada saat jam istirahat, sejumlah siswa hilir mudik dari ruang perpustakaan ke sebuah pondok

. Mungkin saja pembelajaran akan dipindahkan ke pondok tersebut setelah jam istirahat selesai, ternyata bukan. Mereka akan mengadakan baca bersama di pondok baca.

Siswa-siswi mulai dari kelas 4, 5, sampai 6 SDN 52/X Rano,

Kecamatan Muara Sabak Barat Tanjab Timur, ternyata saat jam istirahat memenuhi pondok baca di halaman sekolah. Para siswa antusias mendatangi pondok baca. Mereka berbagi tugas, ada yang membawa buku dan ada pula yang langsung menyerbu buku yang sudah tersedia di pondok baca.
Mereka sangat antusias berebut duduk di pondok baca tersebut, bermain satu sama lain sejenak melupakan kegiatan mereka di kelas. Lalu seketika suasana menjadi hening, membaur menjadi satu. Mereka membaca dan berbagi buku yang sedang dibaca dan menikmati semilir angin ditengah cuaca yang adem setelah ditempa hujan pagi harinya.
Pondok baca yang berdiri kokoh tersebut berukuran kurang lebih 3 meter x 3 meter dengan bentuk segi empat ini menjadi tempat favorit siswa. Ruang lingkup sekolah sebelumnya hanya kelas dan halaman bermain. Kini sudah ada dua buah pondok baca.

Buku buku yang biasanya hanya tersedia di perpustakaan dan pojok baca kelas

, kini telah tersedia pula di pondok baca. Perpustakaan tersebut tidak mampu menampung seluruh siswa untuk membaca, namun dengan adanya pondok baca maka siswa-siswi tetap bisa membaca buku pada jam istirahat.

 

Baca Juga :