Posted in: Agama

Manfaat Shalat Berjamaah Lengkap

Manfaat Shalat Berjamaah Lengkap

Manfaat Shalat Berjamaah Lengkap

Pengertian Shalat Berjamaah

Shalat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat islam, bahkan ketika seorang muslim meninggalkan shalat lima waktu maka muslim itu akan mendapatkan dosa yang sangat besar dan sampai akhir hayatnya wajib mengqodho shalat lima waktu tersebut.

Cara melaksanakan shalat dalam agama islam terbagi menjadi dua cara ada yang dilakukan secara berjamaah dan ada juga dilakukan sendirian (munfarid). Dalam melaksanakan shalat fardhu buat kaum laki-laki hukumnya sunat muakkad dilakukan dengan berjamaah, sedangkan buat kaum wanita disunahkan untuk dilakukan dengan munfarid atau sendiri.

Nabi Muhammad SAW selaku panutan bagi umat islam selalu melaksanakan shalat fardhu secara berjamaah bahkan Rasul senantiasa mengajak umatnya untuk melaksankan shalat berjamaah sebagai mana dalam hadist rasul yang artinya “Tidak sempurna shalat seorang muslim yang bertetangga dengan mesjid kecuali dengan berjamaah”. (HR. Imam Ahmad).

Mengapa Rasul selalu mengajak umatnya untuk melaksanakan shalat berjamaah??? Menurut penelitian para ulama karena dalam shalat berjamaah itu tersimpan hikmah atau manfaat yang sangat besar sekali. Oleh karena itu dalam artikel ini saya akan membahas manfaat dari shalat berjamaah tersebut.

Manfaat atau hikmah dari shalat berjamaah diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pahala shalat berjamaah lebih banyak dari pada sendirian

Ketika muslim melakukan shalatnya secara berjamaah maka dalam pahala dari Allah pun sangatlah besar dibandingkan dengan yang sendirian (munfarid). Karena berdasarkan hadist Rasul yang artinya: ” Shalat yang dilakukan secara berjamaah pahalanya lebih besar 27 kali lipat derajatnya dibandingkan dengan shalat yang dilakukan secara sendirian”

2. Tumbuhnya persaudaraan dan kebersamaan

Dengan dilakukannya shalat secara berjamaah maka dengan secara tidak langsung kita akan sering ketemu dengan muslim yang lainnya, dengan jalan yan seperti itu maka akan terciptanya kebersamaan dan persaudaraan yang baik antara sesama muslim. Apabila kondisi muslimin seperti itu maka akan terjadi kondisi agama islam yang kuat dan kokoh.

3. Dijauhkan dari sifat yang buruk

Salah satu manfaat dari shalat yaitu akan senantiasa mencegah dan menjaga umatnya dari melakukan hal-hal yang buruk. Karena ketika seorang muslim rajin shalat maka Allah akan menumbuhkan dalam dirinya rasa kecintaan terhadap islam. Apabila dalam hatinya sudah tumbuh rasa cinta yang kuat terhadap islam maka otomatis dalam perilakunya juga akan berusaha meninggalkan perbuatan yang buruk atau maksiat.

4. Menjadi sebab diampuni dosa

Setiap muslim dalam kehidupannya pasti pernah melakukan dosa. Tapi tenang saja lautan ampunan Allajh sangatlah besar bagi umat islam. Salah satu jalan agar kita senantiasa mendapatkan ampunan dari Allah maka rajinlah melaksanakan shalat karena didalam shalat terdapat do’a agar kita mendpatkan ampunan dari Allah SWT.

Baca Juga: Nama Bayi Perempuan Islam

5. Menjadi hamba yang dicintai Allah dan Rasulnya

Dengan melaksanakan shalat secara rutinitas ditambah dengan berjamaah maka diakhirat nanti kita bisa dimasukkan ke dalam golongan yang dicintai oleh Allah dan Rasulnya. Apabila Allah telah mencintai hambanya lewat rahmat dan kasih sayangnya maka pada masa akhirat kita akan dimasukkan ke dalam syurga Allah.