Posted in: Teknologi

Lima ponsel yang wajib dinanti tahun 2018

Lima ponsel yang wajib dinanti tahun 2018

Lima ponsel yang wajib dinanti tahun 2018

Tahun 2017 baru saja berakhir. Sepanjang 2017, hampir setiap bulan vendor teknologi menghadirkan ponsel baru yang menawarkan berbagai fitur canggih.

Mulai dari tampilan layar sentuh penuh dengan rasio 18:9 tanpa tombol, teknologi keamanan lewat deteksi wajah, hingga kamera ganda yang seakan menjadi fitur primadona tahun 2017.

Fitur-fitur tersebut nampaknya masih akan diadopsi oleh sejumlah brand teknologi pada 2018. Bahkan, Samsung kabarnya akan mendobrak pasar smartphone dengan menghadirkan fitur baru yaitu ponsel layar lipat.

Produsen smartphone lainnya juga tak mau kalah dari perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu. LG, Xiaomi, HMD Global dengan Nokia-nya, bahkan Apple dengan iPhone-nya juga bakal meluncurkan ponsel andalannya yang wajib dinanti pada 2018.

Berikut ulasan singkat dari ANTARA News.

1. Samsung Galaxy S9 dan Galaxy X

Samsung Galaxy S8 (ANTARA News/Natisha)

Beberapa hari yang lalu,Samsung Galaxy S9 dan S9+ dilaporkan baru saja menerima sertifikasi dari lembaga independen Amerika Serikat yang mengatur perangkat teknologi FCC.

Meski demikian, hal ini tidak mengindikasikan bahwa kedua flagship tersebut akan tiba lebih awal dari biasanya. Kedua perangkat tersebut diharapkan dapat resmi diperkenalkan dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018 pada akhir Februari.

Informasi dari “sumber industri yang tidak disebutkan namanya” menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S9 dan S9+ akan menggunakan ukuran layar yang sama dengan generasi S8 — 5,77 inci untuk S9 dan 6,22 inci untuk S9+.

Tahun lalu, Samsung meluncurkan Galaxy S8 dan Galaxy S8+ pada 29 Maret dalam

sebuah acara di New York yang disiarkan secara live-streaming. Kedua ponsel tersebut resmi masuk pasar Indonesia pada 2 Mei 2017. S8 dijual di Indonesia seharga Rp10,499 juta dan S8+ Rp11,999 juta.

Tidak hanya seri Galaxy S, Samsung kabarnya juga akan menghadirkan ponsel pintar dengan layar yang dapat dilipat. Kabar lain menyebutkan bahwa perangkat yang akan dinamai Galaxy X tersebut akan mengusung layar ganda.

Dua layar tersebut akan berfungsi seperti layar split fisik yang masing-masing

menjalankan aplikasinya sendiri, dan dapat bekerja baik dalam modus potret dan lansekap. Rumor yang beredar, perangkat tersebut masih mengumpulkan sertifikasi — Wi-Fi dan Bluetooth — dari otoritas setara dengan FCC di Korea Selatan.

Belum diketahui apakah kehadiran Galaxy X akan menggantikan Galaxy Note, atau mungkin Samsung ingin menawarkan sesuatu yang baru di pasar ponsel saat ini.

Seperti diketahui, setelah mengalami insiden tidak menyenangkan di perangkat Galaxy Note

generasi sebelumnya, Samsung akhirnya resmi meluncurkan Galaxy Note 8 dalam sebuah gelaran di New York pada 23 Agustus 2017.

 

Baca Juga :