Kontaminasi: definisi, faktor, efek, jenis, penanggulangan

Definisi kontaminasi
Buka baca cepat

Pencemaran adalah suatu keadaan dimana terdapat campuran atau pencemaran sesuatu oleh unsur lain yang mempunyai efek tertentu dan dapat menimbulkan efek negatif. Komponen yang menyebabkan kontaminasi sangat berbeda, mis. B. benda mati seperti bahan kimia dan kotoran. Sedangkan kontaminan yang berasal dari makhluk hidup seperti mikroba.

Faktor Yang Menyebabkan Kontaminasi

Kontaminasi-definisi-faktor-efek-jenis-penanggulangan

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kontaminasi, antara lain:

Pencemaran biologis merupakan salah satu faktor penyebab pencemaran biologis atau mikrobiologis. Biasanya, ini bisa berupa parasit (protozoa dan cacing), virus dan bakteri patogen yang dapat menyebabkan keracunan dan infeksi pada manusia.
Pencemaran bahan kimia merupakan faktor yang disebabkan oleh bahan kimia yang dapat menyebabkan keracunan pada manusia. Beberapa bahan kimia yang menyebabkan keracunan antara lain antibiotik, residu pestisida, dan kontaminan kimiawi dari industri.
Pencemaran fisik adalah segala bentuk pencemaran yang bersifat fisik, seperti batu, debu, rambut, logam, potongan kayu, paku, atau bahkan alat masak yang digunakan. Pencemaran fisik tidak selalu menimbulkan penyakit, namun tetap berbahaya dan membahayakan kesehatan manusia.

Baca lebih lanjut: Pemberontakan APRA
Pengaruh kontaminasi

Ada beberapa efek saat terjadi kontaminasi, antara lain:

Dapat mengakibatkan terganggunya keseimbangan lingkungan.
Dapat menyebabkan punahnya flora dan fauna,
Dapat menyebabkan penurunan kesuburan tanah,
Dapat merusak lapisan ozon di atmosfer.
Jika terjadi pada manusia, dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan, ginjal, hati, jantung, dan organ lainnya.
Dapat menyebabkan keracunan makanan.
Dapat melukai kondisi fisik dan menyebabkan kematian pada manusia.

Jenis kontaminasi

Berbagai jenis kontaminasi tercantum di bawah ini, termasuk:
1. Kontaminasi makanan

Pencemaran makanan melibatkan pencampuran bahan makanan dengan zat, senyawa, atau makhluk hidup lain yang merusak makanan. Makanan yang telah terkontaminasi zat berbahaya berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia.

Misalnya ikan yang tercemar kuman berbahaya karena dijual kotor dan banyak laletnya, gorengan di pinggir jalan yang tercemar debu, bakso tercemar boraks, roti tercemar jamur, dan lain-lain.
2. Kontaminasi silang

Kontaminasi silang adalah proses perpindahan bakteri dari makanan mentah ke produk makanan jadi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kontaminasi silang umumnya terjadi karena penyimpanan makanan yang tidak bersih dan proses pembuatan makanan.

Pencemaran silang terjadi, misalnya ketika pisau yang kotor dan terkontaminasi zat berbahaya digunakan untuk mengupas buah mangga yang akan dimakan. Contoh lainnya adalah plastik penyimpanan yang terkontaminasi feses untuk penyimpanan daging.
3. Kontaminasi ucapan

Kontaminasi bahasa adalah suatu bentuk penggabungan berbagai bentuk kata, frasa, tatanan, dan aturan satu bahasa dengan bahasa lain untuk membentuk kata-kata baru yang tidak biasa.
Baca lebih lanjut: Memahami Vaksin

Misalnya, bentuk kata yang telah tercemar adalah kata Nyuci yang mengacu pada kata mencuci. Bentuk standar dari kata tersebut adalah mencuci, bukan mencuci. Terjadinya pencemaran bahasa ini dapat terjadi karena adanya pencampuran bahasa Indonesia baku dengan bahasa asing atau bahasa daerah tertentu. Dalam hal ini, kata Nyuci terkontaminasi dengan kaidah bahasa Jawa.
4. Polusi

Pencemaran lingkungan adalah penetrasi komponen lain (zat, ​​makhluk hidup) ke dalam lingkungan, yang mempengaruhi kualitas lingkungan. Kontaminasi dapat terjadi melalui aktivitas manusia maupun melalui aktivitas alam.

Misalnya pencemaran akibat ulah manusia yaitu limbah pabrik dibuang ke sungai, sehingga air sungai menjadi racun bagi makhluk hidup. Contoh pencemaran dari aktivitas alam adalah letusan gunung berapi dan gas alam beracun.
Bagaimana mengatasi kontaminasi

Ada beberapa cara untuk mengatasi kontaminasi, di antaranya:
1. Saat terkena cairan korosif

Segera cuci area yang terkena berulang kali dengan air sebelum dibawa ke ruang gawat darurat untuk perawatan dokter.
2. Jika ada material korosif padat

 

LIHAT JUGA :

https://tokopediaaplikasi.id/
https://urbanescapesusa.com/
https://multiply.co.id/
https://carbomark.org/
https://finbarroreilly.com/
https://littlehorribles.com/
https://haciati.co/
https://movistarnext.com/
https://ironmanfactory.com/
https://airborn.co.id/