Konsep Dasar Sistem Informasi dan Sistem Informasi Manajemen

Konsep Dasar Sistem Informasi dan Sistem Informasi Manajemen

Konsep-Dasar-Sistem-Informasi-dan-Sistem-Informasi-Manajemen

Konsep dasar sistem informasi

Pengertian sistem informasi secara umum adalah suatu kegiatan atau kegiatan yang meliputi rangkaian proses, memuat informasi yang digunakan untuk mencapai tujuan. Pengertian sistem informasi menurut Robert dalam Jogiyanto (2000) adalah informasi yang disusun untuk mencapai tujuan dalam suatu organisasi.

Sistem informasi kepribadian

Suatu sistem informasi mempunyai komponen berupa subsistem yang merupakan elemen-elemen yang lebih kecil yang membentuk sistem informasi tersebut, misalnya bagian input, proses dan output. Contoh bagian entri adalah entri vendor untuk data penjualan bulan ini.

Ruang lingkup sistem informasi merupakan rentang yang ditetapkan sejak awal pembuatan, yang merupakan garis batas ruang lingkup operasi sistem, sehingga sistem informasi tidak bersinggungan dengan sistem informasi yang lain.

Tujuan sistem informasi merupakan hal utama yang harus didefinisikan dan dicapai. Dengan adanya sistem informasi maka sistem informasi tersebut berhasil jika dapat mencapai tujuan tersebut.

Lingkungan sistem informasi adalah sesuatu yang berada di luar ruang lingkup sistem informasi yang dapat mempengaruhi sistem informasi, dan ini juga menjadi pertimbangan ketika merencanakan sistem informasi.

Manfaat Sistem Informasi adalah sebagai berikut:

Organisasi menggunakan sistem informasi untuk memproses transaksi, mengurangi biaya, dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau layanan mereka.

Bank menggunakan sistem informasi untuk memproses cek nasabah dan menghasilkan laporan serta berbagai transaksi rekening giro.

Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk menjaga persediaan pada tingkat minimum agar konsisten dengan jenis komoditas yang tersedia.

Berikut adalah komponen-komponen dari suatu sistem informasi, antara lain:

perangkat keras

Ini terdiri dari komputer, periferal (printer), dan jaringan

Pemrograman

Ini adalah sekumpulan perintah / fungsi yang ditulis dengan aturan khusus untuk menginstruksikan komputer untuk melakukan tugas tertentu. Program dapat dikategorikan ke dalam sistem operasi (Windows 95 dan NT), aplikasi (akuntansi), utilitas (antivirus, kecepatan disk), dan bahasa.

data

Ini merupakan komponen penting dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi.

Prosedur

Dokumentasi sistem dan prosedur / proses operasi (aplikasi) dan manual teknis.

Manusia

Manusia adalah komponen yang berperan dalam komponen manusia, seperti operator, pemimpin sistem, informasi, dll. Oleh karena itu, diperlukan detail penting yang jelas.

Konsep sistem informasi manajemen

Sistem informasi manajemen (SIM) didefinisikan sebagai sistem berbasis komputer yang memberikan informasi kepada pengguna yang memiliki kebutuhan yang sama. Definisi lainnya adalah sistem informasi manajemen sebagai satu kesatuan dari komponen yang saling berhubungan yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian dalam organisasi. Itu semua bermuara pada fakta bahwa kartu SIM berguna untuk pengambilan keputusan dan mengelola perusahaan atau organisasi.

Perkembangan sistem informasi manajemen telah menyebabkan perubahan besar dalam pola pengambilan keputusan oleh manajemen baik di tingkat operasional (pelaksana teknis) dan kepemimpinan di semua tingkatan. Perkembangan ini juga menyebabkan perubahan peran manajer dalam pengambilan keputusan, karena mereka harus selalu dapat memperoleh informasi yang paling akurat dan terkini yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Meningkatnya penggunaan teknologi informasi telah mendorong setiap orang untuk melakukan aktivitas yang berbeda secara lebih akurat, berkualitas dan tepat waktu

Sistem informasi manajemen terdiri dari tiga kata yang mempunyai arti masing-masing,

Sistem adalah pengaturan teratur dari kegiatan yang saling terkait dan pengaturan tindakan yang saling terkait, yang menjalankan kegiatan utamanya.

Informasi adalah data yang telah diolah / diolah sehingga memiliki arti yang berguna.

Sedangkan manajemen sebagai proses adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain untuk mencapai tujuan yang sama.

Dari pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa konsep sistem informasi manajemen adalah suatu jaringan prosedur pengolahan data yang telah dikembangkan dalam suatu sistem (terintegrasi) dengan maksud memberikan informasi (internal dan eksternal) kepada manajemen sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.

Baca Juga :