Posted in: Agama, Uncategorized

Komponen-Komponen Evaluasi Dalam Supervisi

Komponen-Komponen Evaluasi Dalam Supervisi

Dalam PP No. 19 Tahun 2005, pada pasal 23 intinya ditegaskan bahwa, “pengawasan proses pembelajaran meliputi pemantauan, supervisi, evaluasipelaporan, dan pengambilan langkah tindak lanjut yang diperlukan.” Berdasarkan ketentuean ini, maka evaluasi dalam kegiatan supervisi meliputi dua jenis yaitu evaluasi supervisi manajerial dan evaluasi supervisi akademik.

  1. Komponen Evaluasi Supervisi Akademik

Dalam supervisi seorang pengawas/supervisor melakukan penilaian atas kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran, misalnya apakah instrument rencana kegiatan pembelajaran yang disusun oleh guru telah memenuhi kriteria perumusan perencanaan yang sesuai dengan ketentuan BSNP atau tidak, melaksanakan kegiatan pembelajaran terkini sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi atau tidak, serta menilai hasil pembelajaran dan lain-lain sebagainya.

Menurut Nur Aedi, pengawas melakukan penilaian atas kinerja guru dalam hal-hal sebagai berikut[7]:

  1. a)Merencanakan pembelajaran
  2. b)Melaksanakan pembelajaran
  3. c)Menilai hasil pembelajaran
  4. d)Membimbing dan melatih peserta didik
  5. e) Melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan tugas pokok sesuai dengan beban kerja guru.

Seorang guru harus menyusun  suatu rencana program  kegiatan belajar dengan mempersiapkan beberapa intrumen yang dapat digunakan sebagai pedoman atau acuan dalam kegiatan pembelajaran, agar kegiatan tersebut berlangsung secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Menurut Dr. Kunandar, “program atau perencanaan yang harus disusun oleh guru sebelum melakukan pembelajaran antara lain: (1) program tahunan, (2) program semester, (3) silabus, dan (4) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)”.[8]

Program tahunan berisi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dikaukan guru selama satu tahun pelajaran, misalnya berapa jumlah minggu efektif dan berapa jumlah minggu tidak efektif dalam satu tahun pelajaran, yang penyusunannya harus disesuaikan dengan Kalender Pendidikan.

sumber :

https://www.dosenmatematika.co.id/gb-whatsapp-apk/