Kiat-kiat psikologis ini akan menghentikan Anda memeriksa email Anda sepanjang waktu
Posted in: Teknologi

Kiat-kiat psikologis ini akan menghentikan Anda memeriksa email Anda sepanjang waktu

Kiat-kiat psikologis ini akan menghentikan Anda memeriksa email Anda sepanjang waktu

 

Kiat-kiat psikologis ini akan menghentikan Anda memeriksa email Anda sepanjang waktu
Kiat-kiat psikologis ini akan menghentikan Anda memeriksa email Anda sepanjang waktu

Tahukah Anda TNW Conference memiliki trek yang sepenuhnya didedikasikan untuk menghadirkan nama-nama besar di bidang teknologi untuk menampilkan pembicaraan yang menginspirasi dari mereka yang menggerakkan masa depan teknologi tahun ini? Nir Eyal, yang menulis bagian ini, adalah salah satu pembicara. Lihat program lengkap ‘Dampak‘ di sini.

Saya biasanya tidak menulis tentang hal-hal pribadi dan mengungkapkan, tetapi baru-baru ini saya memperhatikan sesuatu yang tidak saya sukai tentang diri saya – saya terlalu sering memeriksa email.

Pengakuan ini tidak mudah, karena, ironisnya, saya adalah penulis buku berjudul Hooked: How to Build Build-Forming Products. Ini adalah buku panduan untuk mendesain teknologi yang tidak bisa dibuat orang. Hanya ada satu masalah – saya tidak bisa menurunkan teknologi saya.

Secara ritual saya memeriksa email ketika saya bangun di pagi hari. Jika saya keluar untuk makan siang, saya akan mengintip perjalanan ke kamar kecil. Saya bahkan melihat email saya ketika berhenti di lampu merah. Yang paling meresahkan, saya mendapati diri saya mengirim email bukannya sepenuhnya hadir dengan orang-orang yang paling saya cintai. Putriku baru-baru ini memergoki saya menggulirkan iPhone saya dan bertanya, “Ayah, mengapa Anda begitu sering menggunakan ponsel?” Saya tidak punya jawaban yang bagus.

Saya berharap bisa mengatakan bahwa saya mengendalikan sepenuhnya kebiasaan saya, tetapi saya tidak. Meskipun saya tahu persis mengapa gadget digital mengaitkan kami (bagaimanapun, saya menulis buku tentang itu), itu tidak menghentikan saya untuk tidak menggunakan terlalu banyak. Bukan berarti email itu buruk per se; itu alat seperti yang lainnya. Alih-alih, saya baru-baru ini memperhatikan bahwa bagaimana dan kapan saya menggunakan alat ini menyakiti saya alih-alih membantu, dan saya telah memutuskan sesuatu perlu diubah.

Tentu saja, Anda memilih paksaan Anda. Apa yang satu orang temukan mengasyikkan benar-benar membosankan bagi orang lain. Permainan video, olahraga penonton, media sosial, televisi, dan surel memaksa beberapa dan mengusir yang lain. Begitulah.

Tidak semua orang berjuang dengan email seperti saya, tetapi harapan saya adalah bahwa saya dapat membagikan beberapa pelajaran yang dapat digeneralisasikan. Berikut adalah beberapa cara saya mengatasi masalah saya, menggunakan apa yang saya ketahui tentang psikologi kebiasaan.
Mulai dilepas

Dalam buku saya, Hooked, saya menjelaskan bagaimana produk membentuk kebiasaan – perilaku yang dilakukan dengan sedikit atau tanpa pikiran sadar. Dorongan untuk menggunakan produk-produk ini melekat pada apa yang saya sebut pemicu internal. Pemicu internal adalah isyarat yang diinformasikan oleh asosiasi mental dan ingatan. Tempat, situasi, rutinitas, dan yang paling sering, emosi tidak nyaman tertentu semua bertindak sebagai pemicu internal. Saat kami kesepian, kami memeriksa Facebook. Saat kami tidak pasti, kami Google. Dan ketika kami bosan, kami memeriksa YouTube, skor olahraga, Pinterest, atau sejumlah gangguan digital lainnya.

Dalam kasus saya, pemeriksaan email bawah sadar saya bertepatan dengan sensasi yang sangat tidak nyaman.

Keinginan untuk memeriksa adalah yang paling sulit untuk ditolak kapan pun saya merasa harus berada di tempat lain.

Gatal kognitif ini muncul dalam gelombang kecemasan yang nyaris tidak terlihat yang ditimbulkan oleh pertanyaan yang tidak terjawab. Apakah ada sesuatu yang penting menunggu saya di kotak masuk saya? Mungkin kabar baik? Mungkin buruk? Mungkin respons cepat akan menggaruk gatal untuk memeriksa? Bahkan ketika saya menulis ini, saya merasakan dorongan untuk memeriksa email.

Liburan tidak membantu. Perpanjangan waktu dari pekerjaan berarti email yang ditumpuk tidak dijawab. Lebih jauh lagi, perpaduan yang kuat dari obrolan ringan yang tidak nyaman dengan kerabat yang jarang terlihat menciptakan koktail kegelisahan yang membosankan. Aku merasakan dorongan untuk memeriksanya ketika kerabat menangkap sesuatu untuk dikatakan di antara senyuman yang dipaksakan, menyesap anggur, dan kaki yang terseret.

Sementara anggota yang lebih tua dari klan menyambungkan canggung berhenti dalam percakapan dengan membawa gelas koktail ke bibir, 20-an ditumbuhkan layar ke wajah. Saya menyadari bahwa kita semua menggunakan minuman keras dan ponsel kita dengan alasan yang sama – pelarian singkat dari kenyataan yang gelisah.

Mengenali pemicu internal yang mendorong kebiasaan itu membantu saya menghadapi dorongan itu. Meskipun saya

belum tahu apa yang harus dilakukan dengan kecemasan sosial dan belum perlu melarikan diri, saya berusaha untuk menjadi lebih sadar akan hal itu. Cukup mengakui sensasi bisa menjadi cara melucuti kekuatan pemicu.
gambar cemara
Mengubur pemicunya

Saya telah mencari cara-cara praktis untuk menenangkan pikiran saya. Untuk satu, saya telah menetapkan waktu di kalender saya untuk email. Saya sekarang menjadwalkan pertemuan harian dengan kotak masuk saya, sebagai lawan membiarkan pesan menerobos ke dalam hidup saya sepanjang hari. Ketika saya merasa perlu memeriksa, saya mengingatkan diri saya akan segera melakukannya dan ada waktu yang ditentukan untuk itu.

Sementara internal memicu perilaku isyarat melalui asosiasi mental, ada jenis pemicu lain yang harus saya tangani jika saya ingin menghentikan kebiasaan itu. Eksternal memicu tindakan cepat dengan memberi tahu pengguna apa yang harus dilakukan selanjutnya. Pemberitahuan, ikon, dan tombol yang kita lihat sepanjang hari memberitahu kita untuk memeriksa, membuka, dan merespons. Terkadang notifikasi ini membantu, di lain waktu notifikasi tidak membantu. Informasi digital ini dapat mengganggu kita dengan sia-sia.

Saya tahu apa yang harus saya lakukan – menghapus pemicu eksternal yang mendorong saya untuk memeriksa

email. Namun, sebenarnya melakukan apa yang saya tahu harus dilakukan lebih sulit daripada yang saya harapkan.

Saya berhenti mengisi baterai ponsel saya di samping tempat tidur selama beberapa waktu, jadi itu bukan masalah lagi. Tetapi untuk melangkah langkah f

Sumber:

https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/jasa-penulis-artikel/