karakeristik PAIKEM
Posted in: Pendidikan

karakeristik PAIKEM

karakeristik PAIKEM

karakeristik PAIKEM

Karakteristik model pembelajaran PAIKEM

  1. Berpusat pada siswa (student-centered)
  2. Belajar yang menyenangkan (joyfull learning)
  3. Belajar yang berorientasi pada tercapainya kemampuan tertentu (competency-based learning)
  4. Belajar secara tuntas (mastery learning)
  5. Belajar secara berkesinambungan (continuous learning)
  6. Belajar sesuai dengan kekinian dan kedisinian (contextual learning)

Sesuai dengan singkatan PAIKEM, maka pembelajaran yang berpokus pada siswa, makna, aktivitas, pengalaman dan kemandirian siswa, serta konteks kehidupan dan lingkungan ini. Secara garis besar, ciri-ciri PAIKEM menurut pelatihan Manajemen berbasis sekolah (MBS) adalah sebagai berikut:

  1. Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat (learning to do).
  2. Guru menggunakan berbagai alat bantu dan cara membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sevagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi siswa.
  3. Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan abhan belajar yang lebih menarik dan menyediakan “pojok baca”.
  4. Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar interaktif, termasuk cara belajar kelompok.
  5. Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.

Sedangkan menurut Rose dan Nocholl dalam (Jamal Ma’mur Asmani, 2011: 84) mengatakan bahwa ciri-ciri pembelajaran yang menyenangkan adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan lingkungan tanpa stress (rileks), yaitu lingkungan yang aman untuk melakukan kesalahan, namun dengan harapan akan mendapatkan kesuksesan yang lebih tinggi.
  2. Menjamin bahwa bahan ajar itu relevan.
  3. Menjamin bahwa belajar secara emosional adalah positif. Pada umumnya, hal tersebut dapat terjadi ketika bealajar dilakukan bersama orang lain, ketika ada hunor dan dorongan semangat, waktu rehat dan jeda yang teratur, serta dukungan antusias.
  4. Melibatkan secara sadar semua indra dan otak kiri maupun kanan.
  5. Menentang peserta didik untuk dapat berpikir jauh ke depan dan mengekspresikan apa yang sedang dipelajari, dan sebanyak mungkin kecerdasan yang relevan untuk memahami bahan ajar.

PAIKEM merupakan sebuah model pembelajaran kontekstual yang melibatkan paling sedikit empat prinsip utama dalam proses pembelajarannya.


Sumber: https://multiply.co.id/death-truck-hero-apk/