Posted in: Pendidikan

 Indeks Haga Dan Tingkat Inflasi

 Indeks Haga Dan Tingkat Inflasi

Kenaikan harga-harga yang berlaku dari satu waktu ke waktu lainnya tidak berlaku secara seragam. Kenaikan-kenaikan tersebut biasanya berlaku ke atas kebanyakan  barang, tetapi tingkat kenaikanya berbeda. Ada yang tinggi presentasinya dan ada yang rendah. Disamping itu sebagian barang tidak mengalami kenaikan. Berlakunya tingkat perubahan harga yang berbeda tersebut menyebabkan indeks harga perlu dibentuk untuk menggambarkan tingkat perubahan harga harga yang berlaku dalam suatu negara. Untuk mengukur tingkat inflasi, indeks harga yang selalu digunakan adalah indeks harga konsumen (IHK), atau lebih dikenal dengan istilah Consumer  Price Index. (CPI) yaitu indeks harga dari barang barang yang selalu digunakan para konsumen.

  1. Kedudukan Neraca Perdagangan Dan Neraca Pembayaran

 Neraca pembayaran merupakan data yang memberi gambaran tentang lalu lintas  perdagangan dan dana dari satu negara ke berbagai negara lain dalam satu tahun tertentu. Dua komponen penting dari neraca pembayaran yang perlu diperhatikan adalah neraca perdagangan dan neraca keseluruhan (overall balance).

  1. Neraca Perdagangan Dan Aliran Modal.

dalam neraca perdagangan, yang disebabkan oleh impor yang melebihi ekspor, mengurangi tingkat kegiatan ekonomi di dalam negeri dan masalah pengangguran yang lebih serius akan dihadapi.

  1. Neraca Keseluruhan (Neraca Pembayaran) .

Dalam melihat prestasi hubungan ekonomi suatu negara dengan negara-negara lain perlu diperhatikan kedudukan keseimbangan keseluruhan. Keseimbangan keseluruhan ini dinamakan neraca keseluruhan dari pembayaran. Disamping menunjukan data ekspor dan impor, informasi penting yang lain dapat dilihat dari suatu neraca pembayaran adalah aliran modal jangka pendek dan jangka panjang. Aliran modal ini menggambarkan aliran neto modal asing yang dilakukan ke suatu negara. Dengan demikian pada hakikatnya neraca pembayaran menunjukan  perimbangan mutasi-mutasi keuangan dari suatu negara kenegara lain. Perimbangan ini dinamakan neraca keseluruhan.

sumber :
https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/