Hati-hati Video Deepfakes
Posted in: Teknologi

Hati-hati Video Deepfakes

Hati-hati Video Deepfakes

Hati-hati Video Deepfakes
Hati-hati Video Deepfakes

BELAKANGAN tengah ramai diperbincangkan mengenai sebuah teknologi anyar bernama deepfakes. Teknologi tersebut memungkinkan penggunaan wajah seseorang untuk disematkan kepada tubuh orang lain, dalam sebuah konten video.

Sayangnya, teknologi yang memanfaatkan artificial intelligence (AI) itu mulai banyak disalahgunakan, misalnya, menggunakan wajah seseorang dalam sebuah video porno atau bahkan dalam video tokoh masyarakat yang tengah memberi pernyataan hingga menimbulkan kesalahpahaman publik.

Maraknya penyalahgunaan deepfakes tersebut tentunya banyak membuat khawatir banyak figur publik, termasuk para Youtuber yang belakangan menjadi profesi idaman banyak orang di seluruh dunia.

Bahkan, menurut informasi yang Media Indonesia kutip dari CNET

, Kamis (11/7), maraknya video hasil dari deepfakes menjadi salah satu fokus isu dalam acara tahunan Vidcon. Vidcon ialah sebuah acara perayaan video digital dan online kreator terbesar di dunia yang tahun ini dihelat di California, Amerika Serikat, selama 10-13 Juli lalu.

Dengan jumlah pengunjung sekitar 75 ribu orang dengan berbagai latar belakang usia, hal pertama dalam agenda Vidcon ialah presentasi tentang risiko deepfakes sebagai bagian dari industri yang berkembang.

“Pada dasarnya saya berpikir bahwa video sintetis semacam ini akan semakin penting untuk video online,” kata CEO Vidcon, Jim Louderback.

Manipulasi komputer terhadap video sebenarnya telah ada selama beberapa dekade

, tetapi deepfakes merupakan pemalsuan video yang mampu membuat orang tampak melakukan atau mengatakan hal-hal yang tidak pernah mereka lakukan atau katakan. Video pun dihasilkan secara otomatis dengan teknologi kecerdasan buatan.

Kemajuan pesat dalam teknologi deepfakes telah membuat cuplikan-cuplikan

video yang telah diolah menjadi lebih mudah dibuat dan sulit dideteksi. Hal tersebut telah membuat deepfakes sebagai alat yang efektif untuk menyebarkan informasi yang salah sehingga teknologi tersebut akan semakin membuka peluang ancaman di masa depan.

 

sumber :

https://apkmod.co.id/