Faktor pelaksanaan diplomasi
Posted in: Pendidikan

Faktor pelaksanaan diplomasi

Faktor pelaksanaan diplomasi

Faktor pelaksanaan diplomasi

Dalam pelaksanaan diplomasi pada umumnya tercakup beberapa faktor utama, yaitu:

  1. Apa yang hendak diperjuangkan agar pihak lain memahami dan mendukungnya
  2. Cara untuk mengupayakan dan mengusahakan pengertian dan dukungan tersebut berupa taktik dan tekhnik pelaksanaan diplomasi
  3. Adanya kemampuan untuk meyakinkan pihak lain untuk menyampaikan pandangan disertai dengan pengetahuan bahasa yang pantas dan disesuaikan dengan situasi internasional.

Diplomasi dijadikan sebagai instrumen utama

dari kebijakan politik suatu negara, yang menjadi badan utama yang menjalankan tingkah laku masyarakat internasional. Diplomasi biasanya dilakukan dalam bentuk negosiasi antar negara yang merupakan cara mudah untuk menyelesaikan persaingan kepentingan yang berbeda-beda, sehingga dapat dikatakan bahwa diplomasi sebagai metode sederhana untuk menciptakan penyelesaian konflik secara damai (Frankel, 1988:137).


Diplomasi berjalan melalui departemen-departemen atau kementrian-kementrian luar negeri, kedutaan-kedutaan besar, legasi-legasi, konsulat-konsulat dan misi-misi khusus di seluruh dunia. Diplomasi dapat meliputi berbagai macam kepentingan mulai dari hal yang sederhana dalam hubungan antar dua negara sampai masalah-masalah vital seperti perang dan perdamaian. Jika diplomasi gagal maka akan muncul suatu krisis yang mengarah pada bahaya perang (Roy, SL, 1991:2) 


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/