Posted in: Uncategorized

 Egosentris Remaja

 Egosentris Remaja Egosentris Remaja

Egosentris remaja  (adolescent egocentrism) adalah peningkatan kesadaran diri pada masa remaja.  Menurut  David Elkind egosentris remaja memiliki dua komponen kunci (John W. Santrock, 2011 : 348) yaitu :

  1. Imaginary audience, adalah keyakinan remaja bahwa orang lain tertarik terhadap mereka seperti mereka tertarik kepada dirinya sendiri, akibatnya mereka sering melakukan tindakan yang memancing perhatian dari orang lain.
  2. Personal Fable, adalah perasaan dirinya memiliki keunikan dan tidak terkalahkan, dan membuat tingkat percaya diri mereka melonjak serta menimbulkan perasaan bahwa dirinya kebal terhadap semua keadaan berbahaya, hal ini menarik remaja untuk melakukan kegiatan beresiko, seperti balapa, menggunakan narkoba dsb. Perasaan memiliki keunikan ini juga membuat remaja berpikir tidak ada yang bisa mengerti dirinya selain dia sendiri.
  1. Pemrosesan Informasi

Pemrosesan informasi pada remaja terfokus pada memori dan pemfungsian eksekutif.

  1. Memori Jangka Pendek

Memori jangka pendek lebih banyak difungsikan oleh remaja usia awal untuk menyelesaikan masalah analog. Pada remaja memori jangka pendek ini memiliki kapasitas ruang yang lebih besar dari pada yang lainnya, sehingga kemungkinan lebih banyak digunakan untuk memproses informasi yang diperolehnya.

 

Sumber :

9 Alasan Menggunakan Jasa Penulis Artikel TukangKonten.com