Posted in: Pendidikan

DAMPAK TAWURAN

DAMPAK TAWURAN

Adapun  akibat adanya tawuran yaitu Kerugian fisik, pelajarpun yang ikut tawuran kemungkinan akan menjadi korban. Baik itu  cedera ringan, cedera berat, bahkan sampai kematian. Masyarakat sekitar juga dirugikan. Kemudian Terganggunya proses belajar mengajar sehingga Menurunnya moralitas para pelajar. Dan yang jelas Hilangnya perasaan peka, toleransi, tenggang rasa, dan saling menghargai, kita evaluasi dari itu, kita harus sadar bahwa tawuran tidak ada gunanya, tawuran itu hanya membawa kesensaraan bagi kita semua, maka dari itu kita sebagai insan bangsa harus menghilangkan budaya tawuran di kalangan pelajar. Dan tawuran harus hilang dari pikiran para pelajar, agar kita tidak terpuruk dari masalah yang ada di Indonesia

2.4           CARA MENCEGAH TAWURAN

         Cara mencegah tawuran yaitu  Bekali diri dengan pengetahuan agama sebanyak-banyaknya. Ini juga bisa menjadi pesan serius untuk para orang Tua, untuk jangan hanya mengarahkan anak anak mereka untuk berprestasi dalam pelajaran-pelajaran dunia saja, akan tetapi harus diimbangi dengan prestasi ahlak dan budi pekerti dengan mengarahkan anak anak mereka untuk belajar agama di luar waktu sekolah.

Kemudian Pengawasan orang Tua. Dengan menjalin komonikasi yang baik dengan anak, saya yakin sudah cukup membentengi anak dari pengaruh negatif lingkungannya. Setelah itu Mengikuti kegiatan tambahan di sekolah. Mengikuti kegiatan kegiatan luar sekolah saya kira sangat ampuh untuk menyalurkan energi berlebih pada diri siswa seperti Bela Diri, bukan untuk mengajar mereka berkelahi (walaupun sebenarnya wajib diajarkan. karena semakin pinter seseorang berkelahi, semakin ingin mereka menjauhi perkelahian tersebut. Dan juga Jangan mudah terprovokasi. teliti, cermati dan gali setiap informasi yang kita dengar, dan kita lihat, sebelum mengambil tindakan terhadap permasalahan tersebut.

Sekolah bisa saja membuat aturan aturan khusus kepada siswanya untuk bisa meminimalisir terjadinya ketegangan siswa antar sekolah, Terutama buat sekolah sekolah yang jaraknya berdekatan. Dan Hindari nongkrong habis pulang sekolah. Nongkrong habis pulang sekolah sering menjadi pemicu awal terjadinya pertikaian antar sekolah. Yang terpenting Jalin silaturrahmi antar sekolah, bisa dengan cara mengadakan pertandingan pertandingan olah raga antar sekolah.

TAPI Perlu menjadi catatan, sangat tidak di anjurkan melakukan pertandingan antar sekolah untuk oleh raga yang bersentuhan langsung dengan para pemainnya, seperti sepak bola contohnya, karna menurut pengalaman, berawal dari cidera pemain yang tersenggol pemain lawan, timbul ap-api dendam dalam diri siswa untuk melanjutkan pertandingan tersebut ke arena tawuran.saya karang-karang sendiri, tentunya berdasarkan pengalaman hidup, karna saya juga pernah merasakan ego-nya jiwa masa masa SMA/SMK dan solidnya persatuan ketika menjadi seorang pelajar dan Alhamdulillah saya tidak pernah ikut tawuran pelajar, bukan karna saya seorang pengecut atau karna tidak pintar berkelahi.

smber
https://icbbumiputera.co.id/seva-mobil-bekas/