Contoh Explanation Text Tentang Salju Dalam Bahasa Inggris

Contoh Explanatory text Tentang Salju Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

contoh-explanation-salju

Halo sobat IBI…

Salju adalah air yang jatuh dari awan yang telah membeku menjadi padat dan seperti hujan.

Pada kesempatan kali ini IBI akan Membaha teks eksplanasi tentang Puasa. Langsung saja kita simak berikut ini.

SALJU
Salju, fenomena alam yang menakjubkan: cintaku seperti salju yang hangat
Febdian Rusydi (Rijksuniversiteit Groningen)
Saat itu di Eropa dan wilayah utara dunia di tengah musim dingin. Salah satu fenomena musim dingin yang paling menarik adalah salju. Jadilah unik karena kristal esnya lembut dan berwarna putih seperti kapas. Mereka datang secara alami di negeri empat musim atau di tempat-tempat yang sangat tinggi, seperti puncak gunung Jayawijaya di Papua. Mengapa, tentu saja, tidak mungkin ada salju di daerah tropis seperti negara kita?
Proses pembentukan salju
Untuk menjawabnya, kita bisa memulai proses munculnya salju. Dimulai dengan uap air yang terkumpul di atmosfer bumi, uap air mendingin hingga titik kondensasi (yaitu suhu di mana gas menjadi cair atau padat) dan kemudian berputar membentuk awan. Pada awal pembentukan awan, massanya jauh lebih kecil daripada massa udara, sehingga awan melayang di udara seperti balok kayu yang mengapung di permukaan air. Namun, karena kolam uap terus tumbuh dan bergabung dengan awan, massanya juga meningkat, menyebabkan udara tidak lagi menahannya. Awan pecah dan partikel air tidak pernah jatuh ke bumi.

Partikel air yang jatuh, itu adalah air murni (tidak didoping dengan partikel lain). Air murni tidak membeku pada suhu 0 derajat Celcius, karena fase cair berubah menjadi padat pada suhu tersebut. Untuk membuat air murni, diperlukan suhu beku kurang dari 0 derajat Celcius. Hal ini juga terjadi pada saat kita menjerang air, air menguap pada saat suhu diatas 100 derajat celcius, karena pada 100 derajat celcius perubahan fasanya adalah dari cair menjadi uap. Untuk mempercepat perubahan fase suatu zat, biasanya ditambahkan zat khusus, misalnya garam, untuk mempercepat fase mencair dari es menjadi air.

Biasanya suhu udara tepat di bawah awan di bawah 0 derajat Celcius (suhu udara tergantung ketinggian di atas permukaan laut). Tetapi suhu rendah saja tidak cukup untuk membuatnya bekerja sekarang. Ketika partikel air murni tersebut bersentuhan dengan udara, air murni terdistorsi oleh partikel lain. Ada partikel tertentu yang mempercepat fase pembekuan sehingga air murni cepat berubah menjadi kristal es.

Partikel polutan yang terlibat dalam proses ini disebut sebagai nukleator, selain berfungsi sebagai akselerator fase pembekuan, juga sebagai perekat air Antaruap. Jadi partikel air (yang tidak murni lagi) bergabung dengan partikel air lainnya untuk membentuk kristal yang lebih besar.

Jika suhu udara tidak seharusnya mencairkan kristal es, kristal es jatuh ke tanah. Dan inilah salju! Jika tidak, kristal es mencair dan masuk ke tanah dalam bentuk air hujan.

Dalam banyak kasus di seluruh dunia, proses turunnya hujan selalu dimulai dengan turunnya salju dari awan di beberapa titik, tetapi kemudian mencair saat udara panas melintasinya. Terkadang, ketika suhu sangat rendah, kristal es dapat membentuk bola es kecil dan hujan es. Kota Bandung termasuk cukup sering hujan es. Karena itu, salju di daerah tropis yang memiliki suhu udara relatif tinggi secara alami sangat keras dibandingkan dengan daerah yang sedang musim dingin.

Struktur unik salju
Kristal salju memiliki struktur yang unik, tidak ada kristal salju yang memiliki bentuk yang sama di dunia ini (lihat ilustrasi URSnowflakesWilsonBentley.jpg) yang seperti sidik jari. Bayangkan salju telah turun sejak penciptaan bumi hingga sekarang dan tidak ada salju yang memiliki struktur kristal yang sama!

Keunikan salju adalah putih. Saat turun salju, luasnya bumi menjadi putih, bersih dan tampak bercahaya. Hal ini disebabkan struktur kristal salju yang memungkinkan salju memantulkan semua warna secara merata ke segala arah, maka muncullah warna putih. Fenomena yang sama juga dapat diamati ketika kita melihat pasir putih, gumpalan garam, gumpalan gula, kabut, awan dan cat putih.
Selain itu, turunnya salju memberikan kehangatan. Hal ini dapat dipahami dari konsep temperatur efektif. Suhu efektif adalah suhu yang dirasakan ski kami

Sumber :