Cara Stek Alpukat di Rumah dengan Mudah dan Pasti Panen!

Cara memotong alpukat

Cara Stek Alpukat di Rumah dengan Mudah dan Pasti Panen!

Cara memotong alpukat

Cara Stek Alpukat : Jarak Tanam, Pemupukan Agar Cepat Berbuah – Perkembangan pertanian saat ini sangat pesat dan pesat karena dimudahkan dengan bantuan teknologi informasi terutama dalam mengakses segala sesuatu yang diinginkan semua orang tergantung masing-masing individu yang memilikinya minat untuk mengembangkan apa yang diinginkannya.

Para penghobi dan pecinta tanaman buah mungkin tidak akan pernah kesulitan mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Kali ini saya ingin berbagi kepada para penghobi dan pecinta tanaman bagaimana cara memperbanyak tanaman alpukat (Persea americana) dengan cara yang mudah, murah dan menyenangkan karena sangat mudah dalam pengolahannya.

Sebenarnya ada banyak cara untuk memperbanyak tanaman, namun kali ini saya hanya akan membahas tentang stek, khususnya tanaman buah alpukat. Banyak orang beranggapan bahwa tanaman buah alpukat hanya dapat diperbanyak melalui biji, namun karena banyaknya permintaan akan bibit tanaman buah ini, banyak orang mencoba mengembangkannya melalui stek batang atas.

Keberhasilan stek pucuk ditunjukkan dengan regenerasi akar dan pucuk pada stek menjadi tanaman baru. Permudaan akar dan tunas dipengaruhi oleh faktor internal yaitu tanaman itu sendiri, dan faktor eksternal yaitu lingkungan. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi regenerasi akar dan tunas adalah fitohormon yang berperan sebagai zat pengatur tumbuh. Faktor internal terpenting yang mempengaruhi regenerasi akar dan pucuk pada stek adalah faktor genetik.

Spesies tanaman yang berbeda memiliki tingkat regenerasi yang berbeda. Untuk mendukung keberhasilan perbanyakan tanaman melalui stek, tanaman induk harus memiliki sifat yang luar biasa dan tidak terkena hama atau penyakit. Selain itu, manipulasi kondisi lingkungan dan keadaan fisiologis tanaman induk juga penting agar tingkat keberhasilan stek tinggi.

Artikel Lain : Cara Budidaya Buah Matoa Cepat Berbuah (Bibit & Cangkok)

Selain itu, manipulasi kondisi lingkungan dan keadaan fisiologis tanaman induk juga penting untuk meningkatkan tingkat keberhasilan stek. Kondisi lingkungan dan status fisiologis yang penting bagi tanaman induk meliputi:

kondisi air

Stek sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat potongan masih dalam keadaan montok.

suhu

Stek tumbuh lebih baik pada suhu 12°C hingga 27°C.

Terang

Durasi dan intensitas cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman sumber tergantung pada jenis tanaman, sehingga tanaman sumber harus tumbuh di bawah kondisi cahaya yang tepat.

kandungan karbohidrat.

Untuk meningkatkan kandungan karbohidrat stek yang masih ada pada tanaman aslinya, stek dapat digunakan untuk mencegah penataan ulang karbohidrat. Pengencangan juga berfungsi untuk memblokir translokasi hormon dan zat lain yang mungkin penting untuk pembentukan akar.

cara membuat alpukat

Sehingga terjadi akumulasi zat-zat tersebut pada bahan pemotongan. Karbohidrat digunakan dalam rooting untuk membangun kompleks makromolekul. Elemen struktural dan sebagai sumber energi. Meskipun kandungan karbohidrat dalam potongan tinggi, pembentukan akar juga terhambat jika rasio C/N rendah, karena unsur N berkorelasi negatif dengan pembentukan akar stek (Hartmann et al., 1997).

Faktor lingkungan untuk pertumbuhan stek pucuk yang sesuai memiliki dampak yang kuat pada regenerasi akar dan pucuk. Lingkungan tumbuh atau media perakaran harus kondusif untuk regenerasi akar; H. agak lembab, evapotranspirasi rendah, sistem drainase dan ventilasi baik, tidak terlalu dingin atau panas, tidak terkena cahaya penuh dan bebas dari hama atau penyakit.

Penggunaan hormon pertumbuhan

Berdasarkan referensi di atas saya mencoba kali ini untuk membuat cara mudah stek dari kecambah tanaman karena hanya menggunakan vitamin B1 yang saya beli seharga Rp dan coba bandingkan dengan hormon buatan pabrik… berapa yang harus Anda bayar …… ini cara sederhana saya mencoba beberapa tanaman stek yang memiliki daya tumbuh hampir 80%…..menarik kan? Setelah cara pemotongan alpukat berhasil, baca juga CARA pemupukan alpukat, selamat mencoba dan tetap semangat sukses.

Sumber :