Cara Mengembalikan Data/File yang Terhapus Permanen

Cara Memulihkan Data/File yang Dihapus Secara Permanen di PC/Laptop, Android dan iPhone

Cara Mengembalikan Data/File yang Terhapus Permanen

Saking sibuknya atau terburu-buru sehingga Anda tidak sengaja menghapus file atau data penting secara permanen. Untungnya, file atau data tersebut akan terhapus dan dipindahkan ke Recycle Bin (PC/Laptop). Tetapi bagaimana jika itu dihapus secara permanen? Rasa panik dan marah menyeruak di dadanya.

Pada PC/Laptop dengan sistem operasi Windows, file yang terhapus secara tidak sengaja di Recycle Bin masih dapat dipulihkan. Cukup buka Recycle Bin dan klik kanan > Pulihkan untuk memulihkan dokumen, foto, video, atau musik yang terhapus.

Namun, masalahnya menjadi sangat rumit ketika semua file atau data ini dihapus secara permanen (Shift+Del) atau ketika semua file seperti foto, video, lagu, dan presentasi dihapus di ponsel Android/iPhone.

Untungnya, ada software atau aplikasi yang paling mudah dan ramah pengguna untuk memulihkan secara permanen semua file atau data yang terhapus secara tidak sengaja.

Aplikasi ini dibuat oleh EaseUS – EaseUS Data Recovery Wizard. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac, Android dan iOS. Ketersediaan lintas platform memungkinkan proses pemulihan data yang terhapus di ponsel Android dan iPhone juga – jadi tidak hanya terbatas pada PC/Mac.

Artikel ini mencakup tutorial tentang PC Windows dan ponsel/tablet Android. Pengguna iPhone dan Mac harap sesuaikan.

#1 Cara Memulihkan File atau Data yang Terhapus di PC/Laptop (Windows)

EaseUS Data Recovery Wizard telah mencapai versi ke-11. Semua fitur dan tampilannya semakin baik dan mudah digunakan.

EaseUS Data Recovery Wizard memiliki dua versi: gratis dan berbayar. Versi gratis dari perangkat lunak ini tidak terlalu terbatas, tetapi jika Anda ingin memulihkan ukuran total file lebih dari 500MB, dukungan teknis, peningkatan gratis dan memulihkan data ketika PC/laptop Anda tidak mau hidup/boot, maka belilah versi berbayar.

Dalam versi gratis, Anda masih dapat memulihkan file atau data yang terhapus di PC Anda. Download EaseUS Data Recovery Wizard terlebih dahulu lalu install sampai selesai.

Unduh Wizard Pemulihan Data EaseUS untuk PC/Laptop

Setelah diinstal, buka perangkat lunak.

Anda akan langsung melihat home screen aplikasi EaseUS Data Recovery. Pilih salah satu partisi hard drive tempat Anda ingin menemukan file atau data yang dihapus. Atau cukup pilih folder tertentu jika Anda ingin mencari lebih cepat.

Pindai file yang dihapus

Setelah dipilih, pilih Pindai.

Proses pemindaian dimulai. Operasi ini terjadi tergantung pada jumlah total file di partisi yang dipilih. Jika folder yang dipilih adalah folder tertentu, proses pemindaian akan jauh lebih cepat. Tunggu sampai selesai.

Pindai file data yang dihapus di komputer

Setelah selesai, Anda akan melihat jumlah total file yang dihapus yang ditemukan beserta ukuran totalnya.

memulihkan file yang dihapus

Di sini Anda dapat langsung memilih folder yang diinginkan dan dengan mudah mencari file yang dihapus. Untuk memulihkan, cukup klik kanan file dan pilih Pulihkan.

memulihkan file

Tidak punya cukup waktu untuk memulihkan semua data atau file? Anda dapat menyimpan status atau hasil scan ini ke komputer. Ini memungkinkan pengguna untuk memulihkan file di lain waktu.
#2 Cara Memulihkan File/Data yang Dihapus di Android

Di Android, Anda juga memiliki opsi untuk memulihkan file yang dihapus. Sayangnya, ponsel Android Anda perlu di-root agar proses pemulihan file yang terhapus dapat berjalan optimal.

tanpa akar? Anda hanya dapat memulihkan jumlah data yang jauh lebih kecil daripada ponsel Android yang di-rooting.

Unduh EaseUS MobiSaver di Android

Setelah terinstal, buka aplikasi di smartphone Anda.

Kemudian pilih apa yang ingin Anda kembalikan. EaseUS MobiSaver hanya memungkinkan Anda memulihkan foto, video, dan kontak.

Pulihkan File yang Dihapus di Android

Tunggu proses pemindaian. Kemudian pilih data atau file mana yang ingin Anda pulihkan.

Sayangnya, tidak semua jenis file dapat dipulihkan dengan EaseUS MobiSaver. Namun, jika ponsel Android Anda di-root, Anda dapat memaksimalkan proses pemindaian dan pemulihan file yang terhapus di Android.

Sumber :