Materi Tentang Batang
Posted in: Pendidikan

Materi Tentang Batang

Materi Tentang Batang

Materi Tentang Batang

Pengertian Batang

            Batang adalah bagian kedua dari tumbuhan setelah akar. Batang bersatu dengan akar melanjutkan sari makanan yang dibawa oleh akar melalui jaringan pengangkut. Pada beberapa jenis tumbuhan, batang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan, misalnya pada ubi jalar dan kentang. Batang pada umumnya berada di atas permukaan tanah. Ada tiga jenis batang tumbuhan yang terdapat di sekitar, yaitu batang berkayu, batang berair (batang basah) dan batang rumput (berongga). Sama halnya dengan akar, pada ujung batang terdapat pula titik tumbuh. Titik tumbuh batang pada umumnya tidak mempunyai pelindung yang khusus, tetapi balutan bakal daunnya berfungsi sebagai pelindung. Pada ujung batang terdapat tiga daerah perkembangan seperti pada ujung akar. Bagian-bagian batang menurut irisan memanjang terdiri atas Zona Meristem, Zona Memanjang, dan Zona Pematangan (diferensial).

2.2 Struktur Dan Jenis Batang

       Struktur batang:

        Struktur Morfologi:

  1. Batang herba, umumnya batang lunak, berwarna hijau (karena terdapat klorofil), terdapat stomata, sedikit / tidak ada jaringan kayu, ukuran kecil, dan umurnya relatif pendek.
  2. Batang berkayu, umumnya batang keras, terdapat jaringan kayu, berwarna coklat, terdapat lentisel, ukuran besar, dan umurnya relatif panjang.

        Struktur Anatomi:

        Dari lapisan luar ke dalam

  1. Jaringan Epidermis, terdiri dari selapis sel, dinding sel menebal, dilindungi oleh kutikula
  2. Jaringan Korteks, terdiri dari beberapa lapis sel, berongga-rongga, bervakuola besar, berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.
  3. Stele, terdiri dari xylem dan floem. Letak jaringan pengangkut (xylem dan floem) pada tumbuhan dikotil lebih teratur daripada tumbuhan monokotil

Fungsi Batang

  1. Penghubung dalam pengangkutan air dan unsur hara dari akar menuju daun dan pengangkutan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh.
  2. Tempat tumbuhnya daun dan organ-organ generatif seperti bunga dan buah.
  3. Memperluas tajuk tumbuhan untuk efisiensi penangkapan cahaya matahari.
  4. Efisiensi penyerbukan dan membantu pemencaran benih.
  5. Sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan.

2.4 Jaringan Penyusun Batang

 Pada dasarnya batang memiliki lapisan-lapisan jaringan yang sama dengan akar, yaitu Epidermis, Korteks, dan Silinder pusat (Stele).

  1. Epidermis, tersusun oleh satu lapis sel, tanpa ruang antarsel, dinding luar mengalami penebalan dari kutin yang disebut kutikula, dan pada tumbuhan kayu tua terdapat kambium gabus. Derivat epidermis pada batang berupa lentisel, trikoma, sel silika, dan sel gabus.
  2. Korteks mengandung amilum dan tersusun oleh sel-sel parenkim, kolenkim, serta skerenkim,.
  3. Silinder pusat (stele), terdiri atas periskel yang bersifat meristematis, sel parenkim (emepulur), dan berkas pengangkut (xilem dan floem)

Baca Juga :

https://works.bepress.com/m-lukito/8/