Bagaimana saya secara tidak sengaja membangun startup teknologi - tanpa pengetahuan teknologi
Posted in: Teknologi

Bagaimana saya secara tidak sengaja membangun startup teknologi – tanpa pengetahuan teknologi

Bagaimana saya secara tidak sengaja membangun startup teknologi – tanpa pengetahuan teknologi

 

Bagaimana saya secara tidak sengaja membangun startup teknologi - tanpa pengetahuan teknologi
Bagaimana saya secara tidak sengaja membangun startup teknologi – tanpa pengetahuan teknologi

Pada 2012, saya bekerja di beberapa daerah paling terpencil di Pakistan, bertujuan untuk memberdayakan proyek energi limbah petani lokal dan memajukan keberlanjutan di wilayah tersebut. Saya bepergian ratusan kilometer untuk melakukan negosiasi tatap muka, memeras otak saya memikirkan cara-cara untuk menjamin transparansi di lingkungan di mana pembayaran tunai bukan hanya norma, tetapi seringkali satu-satunya pilihan.

Hanya beberapa tahun kemudian, saya mendapati diri saya memimpin proses pengembangan perangkat lunak – sesuatu yang saya tahu sedikit tentang pada saat itu. Dengan latar belakang yang sebagian besar berfokus pada kebijakan, saya sekarang membuat keputusan dalam bidang yang dipenuhi dengan konsep teknis baru dan tantangan yang berbeda untuk memberikan solusi yang akan memperkuat bisnis kami. Maju cepat ke hari ini, dan perusahaan kami berkembang pesat saat kami menggunakan perangkat lunak dengan potensi tak terbatas, memungkinkan kami untuk mempromosikan solusi energi yang sadar iklim dalam skala global.

Bagaimana perangkat lunak yang awalnya dibangun untuk memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis kita akhirnya menjadi bagian penting dari proposisi nilai kita? Inilah bagaimana saya mendirikan sebuah startup non-teknologi hanya untuk menemukan bahwa teknologi adalah apa yang diperlukan untuk mengganggu seluruh industri.

Kami membutuhkan solusi yang kuat – tetapi tidak ada yang tersedia
Ada seluruh industri dalam sektor energi terbarukan yang berfokus pada penggunaan limbah sebagai sumber energi – baik itu limbah pertanian, kayu, atau plastik. Saya ingin mendukung kelanjutan pengembangan proyek di sektor ini dengan mengoptimalkan pengadaan dan rantai pasokan.

Awalnya, saya fokus pada negara-negara berkembang, di mana struktur hukum dan regulasi bisa sulit dinavigasi. Seringkali ada sedikit infrastruktur, baik secara fisik maupun dalam hal proses, yang berarti bahwa semua asumsi dan operasi proyek kami didasarkan pada konsep-konsep ekonomi untuk menjaga setiap orang beroperasi secara adil. Tetapi itu tidak cukup: kami membutuhkan sistem perangkat lunak yang dapat menyamakan harga, menyediakan pelacakan, dan menghubungkan semua titik secara bersamaan.

Seiring waktu, ide ini menjadi semakin mendesak. Kami dengan cepat mendapatkan klien baru dan pemasok peralatan, tetapi menyadari bahwa kami tidak dapat membiayai masing-masing proyek tanpa alat manajemen rantai pasokan untuk menjamin standar dan transparansi yang adil. Kami mulai memindai pasar untuk mencari solusi eksternal, tetapi tidak ada yang tersedia.

Sudah menjadi jelas bahwa seandainya kita bisa menyelesaikan proyek, kita harus membangun alat itu sendiri. Inovasi benar-benar tidak memiliki batas. Ketika Anda membutuhkan solusi untuk bisnis Anda, meskipun tidak ada di pasaran, Anda tidak boleh membatasi diri atau imajinasi Anda dengan cara apa pun. Untuk benar-benar mendukung industri, dan terutama yang sangat khusus, Anda perlu mengambil langkah besar.

Saat ketika teknologi membentuk kembali proposisi bisnis kami

Melihat ke belakang sekarang, proses pengembangan akan diakui lebih cepat jika saya memiliki latar belakang teknis. Mempelajari bagaimana menerjemahkan konsep yang sangat teoretis dan fungsionalitas proyek ke dalam perangkat lunak kaya fitur yang dapat diimplementasikan dalam konteks yang beragam merupakan tantangan. Namun, meskipun saya kurang memiliki pengetahuan teknis – atau mungkin karena itu – saya dapat melihat apa yang diciptakan oleh teknologi payung yang sangat besar.

Artinya, ketika Anda membangun suatu sistem, Anda memajukan formalisasi kondisi. Sebagai contoh, fokus awal kami adalah pada negara-negara berkembang; kami tinggal jauh dari AS karena kami menganggapnya memiliki infrastruktur yang lebih canggih. Namun kami kemudian melihat bahwa bahkan pasar maju menggunakan pendekatan yang sudah ketinggalan zaman. Ini adalah kejutan besar bagi kami: kami berasumsi bahwa banyak aktor besar sudah mengetahui hal ini, tetapi bukan itu masalahnya. Kami tidak berpikir bahwa masalah yang kami selesaikan di daerah pedesaan Pakistan juga bisa ada di AS.

Bekerja menuju solusi seragam yang akan mencakup banyak variabel berbeda dari berbagai negara membuat perangkat lunak kami lebih kuat. Dengan lensa ini, kami melihat bahwa kami dapat bercita-cita untuk menjadi standar industri untuk manajemen rantai pasokan, tidak hanya di negara-negara tertentu, tetapi juga secara global.

Kami menghabiskan seluruh waktu dan uang kami untuk membangun alat teknologi untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam membangun proyek kami sendiri. Tetapi apa yang akhirnya kami sadari jauh lebih besar – bahwa sudah ada nilai dalam alat ini sendiri , bukan hanya menganggapnya sebagai solusi internal. Pada saat itu, kami butuh beberapa saat untuk berhenti melihat apa yang kami bangun sebagai alat internal dan mulai melihatnya sebagai produk yang dapat kami pasarkan ke perusahaan lain.

Jika Anda pernah memiliki ide bisnis dan menindaklanjutinya, Anda harus menyadari bahwa itu dapat mengambil bentuk yang berbeda dari yang Anda bayangkan pertama kali. Saya memutuskan untuk membentuk kembali proposisi bisnis kami setelah mencatat potensi besar yang dimiliki perangkat lunak dalam persamaan limbah menjadi energi.

Alat kami tidak hanya dapat mengoptimalkan proses pengumpulan dan transportasi, tetapi juga dapat memproses

pembayaran dan menciptakan pasar jenis baru untuk bahan bakar limbah menjadi energi. Dari akar kami sebagai startup kecil yang sangat sederhana, kami tiba-tiba berubah menjadi perusahaan teknologi yang berpotensi untuk menskalakan dan menawarkan solusi secara global.

Pelajaran utama yang masih saya gunakan sampai sekarang
Tanpa pengetahuan teknologi yang substansial, saya menaruh kepercayaan untuk membangun startup teknologi – dan itu adalah keputusan terbaik yang bisa saya buat. Mengapa? Pada abad ke-21 memiliki semacam teknologi yang terlibat dalam industri apa pun merupakan bagian integral dari penggalangan uang dan nilai pembeda. Kami mendekati industri yang sangat ad hoc dan mendigitalkannya, menghadirkan data, dan membuat prosesnya lebih efisien.

Bahkan jika Anda tidak melakukan sesuatu yang secara khusus bergantung pada teknologi, memasukkan elemen perangkat lunak dapat membantu Anda mengubah perspektif dan menemukan pendekatan baru untuk masalah yang sangat menonjol. Masih ada banyak industri menunggu pergeseran ini: perusahaan yang memilih untuk berpikiran terbuka, datang dengan visi yang jelas, dan menggunakan teknologi untuk melaksanakannya, akan mendapat nilai besar.

Kami mulai dengan hanya berfokus pada dampak sosial dan ingin melipatgandakannya. Dengan memperkuat startup

dengan teknologi – tidak diragukan lagi pembeda terbesar di luar sana – kami menemukan kami bisa berbuat lebih banyak dan membuat lebih banyak dampak. Kepada semua orang yang ingin memulai perjalanan yang serupa, saya akan mengatakan satu hal: ide harus terus-menerus ditantang dan dihadapkan dengan kebutuhan pasar atau industri – karena itu mungkin akan membawa Anda pada jalan yang tidak pernah Anda harapkan untuk mengikuti.

Baca Juga: