Posted in: Pendidikan

Acara dan Pengalaman

Acara dan Pengalaman


Menyelenggarakan acara pada dasarnya merupakan bentuk produk jasa /pelayanan dimana konsumen mengalami experience secara langsung produk yang ditawarkan. Menurut Lovelock dan Wirtz (2010), ada tiga komponen yang harus diperhatikan dalam menawarkan proposisi nilai dari sebuah produk jasa, yaitu :

· Produk Inti.

Para pelanggan bisa merasakan langsung produk inti dan manfaatnya. Misalnya, benda seni yang dipamerkan pada pameran kesenian dan olahraga yang dipertandingkan acara olahraga.

· Layanan Tambahan (Suplementary)

Merupakan berbagai layanan lain untuk memberikan tambahan, mempermudah pengguanaan, dan memperkuat nilai produk inti bagi keseluruhan pengalaman pelanggan. Misalnya, artis yang mengisi acara, kualitas pelayanan yang diberikan, jenis pengunjung yang diundang, hadiah-hadiahnya, dan sebagainya.

· Proses Penghantaran

Peran pelanggan dalam merasakan langsung apa yang ada, lamanya acara, tingkat dan model acara yang diselenggarakan.

Pada dasarnya pelanggan itu sendiri dianggap sebagai bagian dari produk (Browdin dkk., 2012), jadi dapat dikatakan bahwa antara produk acara pengalaman merupakan satu kesatuan yang harus dipadukan dalam maupun dirancang sebagai bagian dari kegiatan pemasaran acara (event marketting).

8. Premium/Hadiah

Premium (hadiah) merupakan kompensasi yang nyata yang diberikan bagi tujuan dan pembelian produk tertentu. Premium kemungkinan gratis atau jika tidak biayanya berada dibawah harga yang biasa ditetapkan atau mendapatkan sejumlah bonus produk merupakan suatu bentuk premium.

sumbe r: