Alat Pengamat Prestasi Kegiatan Ekonomi

Alat Pengamat Prestasi Kegiatan Ekonomi

       Beberapa jenis data makroekonomi dapat digunakan untuk menilai prestasi kegiatan perekonomian pada suatu tahun tertentu dan perubahannya dari suatu periode ke periode lainnya. Alat pengamat prestasi perekonomian atau indikator makroekonomi (macroecomomic indicator ) yang utama adalah:

  1. Pendapatan Nasional

Data pendapatan nasional menggambarkan tingkat produksi negara yang dicapai dalam satu tahun tertentu dan perubahannya dari tahun ke tahun. Pendapatan Nasional adalah istilah yang menerangkan tentang nilai barang  barang dan jasa jasa yang diproduksikan suatu negara dalam suatu tahun tertentu. Pendapatan nasional dapat dibedakan menjadi dua yaitu Pendapatan Nasional Bruto (PNB) dan Produk Domestik Bruto (PDB). Produk nasional yang diwujudkan oleh faktor-faktor produksi milik warga negara suatu negara dinamakan Produk National Bruto, sedangkan PDB adalah produk nasional yang di wujudkan oleh faktor faktor produksi di dalam negeri dalam suatu Negara (milik warga Negara dan orang asing)

  1. Tenaga Kerja Dan Pengangguran

             Pengangguran dalam suatu negara adalah perbedaan di antara angkatan kerja dengan  penggunaan tenaga kerja yang sebenarnya. Angkatan kerja adalah jumlah tenaga kerja yang terdapat dalam suatu perekonomian pada suatu waktu tertentu. Untuk menentukan angkatan kerja diperlukan 2 informasi, yaitu :

  1. Jumlah penduduk yang berusia diantara 15 dan 64 tahun.
  2. Jumlah penduduk yang berusia 15-64 tahun yang tidak ingin bekerja (contoh :  pelajar, ibu rumah tangga dan penganggur sukarela).

            Jumlah penduduk seperti yamg ditunjukan pada poin a dinamakan penduduk usia kerja dan poin b dinamakan bukan angkatan kerja. Dengan demikian angkatan kerja dalam suatu periode tertentu dapat dihitung dengan mengurangi jumlah penduduk seperti yang ditunjukkan pada no.1 dengan jumlah penduduk no.2. perbandingan diantara angkatan kerja dengan penduduk usia kerja (dinyatakan dalam persen) dinamakan tingkat partisipasi kerja.

sumber :
https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/