Revolusi Amerika

Revolusi Amerika

Revolusi Amerika adalah sebuah perubahan secara cepat da mendasar yang berpengaruh terhadap masyarakat luas dalam segala sektor kehidupan. Revolusi Amerika merupaka buah kemenangan peperangan antara kolonis terhadap pemerintah kolonial Inggris.

            Perbedaan Revolusi Amerika dengan revolusi-revolusi lain bahwa revolusi Amerika bukan suatu pemberontakan kaum proletar, namun revolusi ini dipimpin oleh kaum ningrat Whig yang mencari kebebasan dari tekanan-tekanan politik dan ekonomis yang dipaksaka oleh pemerintahan kolonial Inggris.

2.3.1 Latar Belakang Revolusi Amerika

Adapun latar belakang Revolusi Amerika meliputi;

  1. Tradisi sebagai orang merdeka dimiliki para kolonis Amerika yang diwarisi sejak Raja Inggris memberikan Royal Charter kepada London Company dan Plymouth Companyd dengan diberi kebebasan menyelenggarakan pemerintahan sendiri.
  2. Perkembangan penduduk koloni yang meningkat secara signifikan antara 1688-1750, yakni mencapai 1.600.000 orang. Aspek ini tentu berdampak terhadap motivasi masyarakat koloni untuk berjuang dalam rangka memperjuangkan hak-haknya. Adapun jumlah orang yang banyak artinya berpotensi untuk memaksimalkan mobilisasi massa.
  3. Tidak ada garis tegas politik pemerintah Kerajaan Inggris terhadap koloni-koloni di Amerika, dan hanya menjadikan tanah koloni di Amerika Utara untuk mengabdikan diri kepada sistem perekonomian merkantilis melalui penyediaan bahan-bahan komoditas kepada inggris untuk dijual di pasaran Eropa.
  4. Pengawasan tanah jajahan koloni oleh gubernur koloni sebagai kepanjangan tangan Raja Inggris yang tidak berdaya sebab sesuai peraturan, para gubernur tidak memperoleh pendapatan selain dari badan perwakilan.
  5. Kemenangan Inggris terhadap Perancis dalam Perang Tujuh Tahun (1756-1763) menyebabkan utang Inggris menjadi besar, berusaha untuk ditutupi dengan melaksanakan Undang-Undang Perdagangan (Undang-Undang Gula tahun 1764), Undang-Undang Materai tahun 1765). Namun, ditolak penduduk koloni dengan alasan penetapan pajak tersebut tidak memlaui perwakilan. Seharusnya pemungutan pajak oleh negeri induk terhadap para kolonis Amerika harus dimintakan persetujuan kepada para wakil rakyar di daerah koloni.

sumber :

https://thesrirachacookbook.com/seva-mobil-bekas/