PENGERTIAN NORMA KESUSILAAN

PENGERTIAN NORMA KESUSILAAN

PENGERTIAN NORMA KESUSILAAN

PENGERTIAN NORMA KESUSILAAN

Selain berbagai norma

yang telah disebutkan di atas, ada juga yang dinamakan dengan norma kesusilaan. Norma kesusilaan ini bisa diartikan sebagai petunjuk hidup atau peraturan yang sumbernya adalah suara hati manusia. Karena sumbernya adalah hati nurani, jelas norma ini mengatur tentang patut atau tidaknya suatu perbuatan manusia.

Jika hendak dijabarkan lebih jauh lagi, norma kesusilaan ini memberi manusia petunjuk tentang bagaimana caranya bertingkah laku maupun bersikap terutama dalam memutuskan berbagai hal yang perlu dihindari, ditentang maupun dilakukan.

Mengingat sumbernya pula, norma kesusilaan ini sifatnya adalah universal atau umum dimana tujuannya adalah supaya semua manusia mempunyai sifat kesusilaan yang tinggi, dan menyesuaikan tingkah lakunya dengan nilai kemanusiaan. Adapun sanksi yang biasa muncul akibat pelanggaran norma kesusilaan ini adalah munculnya rasa malu serta penyesalan dalam hati.

Sementara sanksi dari masyarakat biasanya berupa peringatan, peneguran, pengucilan bahkan hingga pengusiran jika memang pelanggaran tersebut sudah tidak bisa ditoleransi lagi. Contoh sederhana dari norma kesusilaan ini adalah tidak menghina orang lain, tidak memfitnah orang lain, selalu jujur, suka menolong orang yang kesusahan, tidak mengumpat pada orang lain dan masih banyak lagi.


Sumber: https://cooldesktopbackgroundsx.com/mcqueen-apk/