PENGERTIAN NORMA KESOPANAN

PENGERTIAN NORMA KESOPANAN

PENGERTIAN NORMA KESOPANAN

PENGERTIAN NORMA KESOPANAN

Nah, yang terakhir ada norma kesopanan

Sesuai dengan namanya, norma yang satu ini merupakan norma yang muncul sekaligus diadakan oleh masyarakat dalam rangka menciptakan hidup yang saling hormat-menghormati. Norma kesopanan ini biasanya bersumber dari adat kebiasaan yang dilakukan dalam masyarakat.

Sehingga dengan berdasarkan hal tersebut, norma kesopanan ini bisa didefinisikan sebagai peraturan sosial yang lebih mengarah pada penilaian tentang sopan atau tidaknya tingkah laku.

Setiap kelompok masyarakat bisa menetapkan norma kesopanan ini, dimana fokus yang dibahas di dalamnya adalah berbagai hal yang dianggap sopan sehingga boleh untuk dilakukan dan berbagai hal yang dianggap tidak sopan sehingga harus dihindari dan tidak boleh dilakukan. Ukuran dari norma kesopanan ini lebih seperti kepatutan, kebiasaan atau kepantasan suatu perbuatan dalam masyarakat.

Karena itu, masing-masing kelompok masyarakat mempunyai ukuran sendiri-sendiri mengenai hal-hal yang dianggap pantas dan patut ini, sehingga tidak heran juga ketika kita berkunjung ke suatu daerah, kita menemukan adanya norma kesopanan yang cukup berbeda dengan tempat kita. Adapun sanksi yang biasa diterima oleh pelanggar norma kesopanan ialah celaan serta pengucilan oleh masyarakat.

Beberapa contoh norma kesopanan yang biasa ditemukan adalah jangan menyela orang yang tengah berbicara, bersikap rukun dengan siapa saja, jangan meludah di sebarang tempat, jangan makan sambil bicara, jangan buang angin di hadapan seseorang, jangan makan dengan tangan kiri dan lain-lain.

Terlepas dari apapun macam-macam norma di atas, pada intinya norma ini mempunyai fungsi yang sama, yakni sebagai pedoman hidup bagi setiap anggota masyarakat di suatu wilayah tertentu dan sebagai alat untuk menciptakan kehidupan yang tertib sehingga semuanya bisa hidup berdampingan dengan damai. Hendaknya semua orang menyadari hal ini sehingga hidup bisa jadi lebih tenang.


Baca Juga :