Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Untuk mengetahui dan menetapkan ukuran pasar dan market sharenya diperlukan riset pasar yang cukup mendalam. Oleh karena itu pengusaha harus dapat mendefinisikan pasar yang akan dibidik sehingga dapat melihat potensi pasar tersebut.

Dan selanjutnya setelah mengetahui ukuran pasar dan mengetahui segmen pasar yang dibidik, maka langkah selanjutnya ialah dengan mempelajari siapa pesaing di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang telah dikuasai oleh mereka.

Perusahaan yang membuat perencanaan strategi harus mengembangkan strategi bauran pemasaran dan mempersempit segmentasi produk sehingga promosi tepat sasaran. Sebagai contoh suatu perusahaan yang berada di industri minuman. Tidak cukup hanya menjelaskan bisnisnya ialah minuman tapi harus lebih fokus, misalnya minuman kopi, teh, rasa buah dan lain sebagainya.

Cara Meningkatkan Market Share Atau Pangsa Pasar

Dalam hal demikian ini memahami pengertian pangsa pasar atau market share merupakan hal yang penting, alasannya dengan mengetahui pangsa pasar yang dibidik maka suatu perusahaan dapat memahami kekuatan dan kelemahannya serta dapat mengantisipasi pasar.

Memahami kelebihan dan kekurangan suatu perusahaan dapat dilakukan dengan analisis SWOT, dengan begitu maka suatu perusahaan dapat melakukan berbagai hal yang dibutuhkan untuk dapat meningkatkan produktivitas, misalnya mengubah harga, mengubah layanan, meningkatkan promosi pemasaran, mengubah cara distribusi dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara meningkatkan pangsa pasar saat suatu perusahaan memulai bisnis perdagangan, nah berikut ini tips singkatnya yaitu:

  • Memilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak dijalankan perusahaan lain.
  • Memiliki keyakinan bahwa perusahaan tersebut akan berhasil di bisnis yang dijalankan.
  • Menentukan visi dan misi perusahaan mengenai target bisnis di masa depan.
  • Memperhitungkan kekuatan para kompetitor di industri yang sama.
  • Memperhatikan pergerakan harga di industri yang dibidik dan menentukan harga yang paling sesuai.
  • Menciptakan dan membangun jaringan pasar yang sehingga bisnis menjadi lebih besar.

Baca Juga :