Pertumbuhan penduduk yang tinggi

Pertumbuhan penduduk yang tinggi

Pertumbuhan penduduk yang tinggi

Pertumbuhan penduduk yang tinggi
Pertumbuhan penduduk yang tinggi

Untuk masalah jangka panjang seperti tingkat pertumbuhan penduduk memang menjadi semacam dilema bila dibandingkan denga program pemerintah lainnya yaitu pertumbuhan ekonomi yang tinggi, peningkatan kesehatan dan harapan hidup masyarakat serta program-program lainnya. Dahulu Malthus pernah meramalkan bahwa pada masanya suatu negara (dunia) akan menghadapi masalah yang sangat pelik yaitu bagaimana menghidupi dan mencukup kebutuhan penduduk dengan jumlah pangan terbatas.

Malthus beranggapan bahwa karena jumlah tanah tidak bertambah dan bahwa pertambahan jumlah penduduk mengikuti deret ukur sementara pertambahan pangan mengikuti deret hitung maka bencanalah yang akan dialami. Akan tetapi meskipun pada kenyataannya ramalan Malthus itu hingga saat ini belum sepenuhnya terbukti karena perkembangan teknologi yang memungkinkan pangan dapat dihasilkan dengan jumlah berlipat ganda untuk memenuhi kebutuhan penduduk,

akan tetapi tanda-tanda kekurangan pangan semakin nyata diberbagai belahan dunia (khususnya Afrika) karena jumlah penduduk yang banyak sementara jumlah pangan terbatas. Oleh karena itu, pembatasan pertumbuhan penduduk menjadi program dunia (jadi bukan masalah satu atau masing-masing negara saja).

Secara teori pertumbuhan penduduk yang besar bila diikuti oleh tingkat produktivitas yang tinggi akan menyebabkan tingkat pertumbuhan ekonomi tinggi. Tingginya pertumbuhan ekonomi akan mampu meningkatkan kesejahteraan dan tingkat pendidikan dan pada akhirnya akan mampu memperbaiki mutu dan citra hidup.

Akan tetapi masalahnya bukanlah disitu, melainkan ternyata media berupa tanah (bumi) ini tidaklah bertambah dan bila dieksploitasi berjalan terus menerus tanpa memperhatikan daya dukung dan daya tahannya maka akan secara cepat pula kemampuannya menurun dan bila ini diteruskan akan akan berdampak pada kemiskinan/bencana evolutif. Untuk menghindari agar kejadian ini tidak cepat terjadimaka setiap pemerintah suatu negara menjalankan program kependudukan untuk mengatur jumlah kelahiran agar daya dukung ekonomi dapat seirama dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan.

Sumber : https://www.quibblo.com/story/DBrj-ERG/Dosenpendidikan-Releases-ABrand-New-Article-onThe-Respiratory-System-of-Different-Animals