PEMELIHARAAN MESIN-MESIN KANTOR

PEMELIHARAAN MESIN-MESIN KANTOR

PEMELIHARAAN MESIN-MESIN KANTOR

PEMELIHARAAN MESIN-MESIN KANTOR
PEMELIHARAAN MESIN-MESIN KANTOR

PENGERTIAN MESIN-MESIN KANTOR

      Mesin kantor merupakan salah satu alat penunjang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara efesien. Mesin-mesin kantor adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, dan mengolah bahan-bahan, data ataupun keterangan dalam suatu pekerjaan tata usaha yang cara kerjanya bersifat mekanik, magnetik, dan elektrik (Tjandra Sheddy N., dkk, 2008:hal 47).

      Mesin kantor adalah segenap peralatan yang bersifat mekanik, elektris, elektronis, maupun magnetis yang di gunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah, ataupun mengirim keterangan yang di butuhkan oleh suatu lembaga sehingga mampu memperlancar aktivitas kantor. Yang termasuk mesin kantor diantaranya adalah komputer, telepon, internet, mesin tik manual dan elektronik, dsb.

2.2 MANFAAT PENGGUNAAN MESIN-MESIN KANTOR

      Pada umumnya, bila menggunakan mesin-mesin kantor walaupun melalui tahap perencanaan terlebih dahulu, ditemukan beberapa keuntungan dan kerugian. Adapun keuntungan atau manfaat dalam penggunaan mesin-mesin kantor adalah sbb: (Moekijat,1989:hal 66)

  1. Untuk menghemat tenaga kerja

Akan terdapat penghematan pada daftar pembayaran atau tenaga kerja dapat di kurangi untuk pekerjaan lain.

  1. Untuk menghemat waktu

Beberapa pekerjaan harus diselesaikan dalam suatu jangka waktu tertentu, misalnya dalam mempersiapkan upah.

  1. Untuk meningkatkan ketelitian dan memperbaiki mutu pekerjaan

Misalnya mesin hitung memberikan penelitian secara mekanis dan meniadakan kegiatan pemeriksaan.

  1. Untuk mengurangi rasa bosan di bandingkan dengan metode tulisan tangan

Beberapa mesin adalah membosankan, tetapi apabila pekerjaan dilakukan dengan cepat mungkin rasa bosan tersebut dapat dikurangi.

  1. Pekerjaan nampak lebih baik, misalnya faktur yang diketik.
  2. Untuk mencegah penyalahgunaan, misalnya mesin untuk menulis cek.
  3. Untuk mengurangi kelelahan pegawai kantor dan dengan demikian menambah mutu pekerjaan, misalnya mesin ketik elektrik.
  4. Untuk memberikan keterangan yang lebih banyak, lebih cepat dari sebelumnya, kepada manajemen, misalnya komputer elektronik.

Sedangkan kerugian dalam penggunaan mesin-mesin kantor adalah sbb: (Moekijat,1989:hal 67)

  1. Mesin tidak dapat mengerjakan pekerjaan yang memerlukan kecerdasan tinggi, misalnya seorang akuntan masih diperlukan meskipun di pergunakan mesin hitung.
  2. Tingkat penyusutan beberapa mesin adalah tinggi, misalnya mesin hitung elektronis mengakibatkan mesin-mesin yang lain cepat menjadi out of date.
  3. Biaya barang-barang keperluan kantor dan alat tulis menulis serta cetak mencetak, misalnya dengan mesin hitung hal ini tidak terlihat.
  4. Sulit mendapatkan operator-operator mesin yang cakap atau biaya untuk melatih mereka, terutama operator mesin hitung.
  5. Pengarunya terhadap sistem-sistem perkantoran, misalnya penggunaan komputer dapat berarti suatu perubahan besar daripada sistem-sistem perkantoran.
  6. Pegawai lebih mudah dipindahkan dari bagian yang satu kebagian yang lain ketimbang mesin.
  7. Tidak ada fleksibilitas dari beberapa metode mesin.
  8. Biaya modal, misalnya mesin-mesin tertentu harganya sangat mahal.
  9. Kesulitan pemeliharaan dan dalam terjadi kerusakan mesin.

Mesin dan peralatan kantor memerlukan perhatian secara berkala agar tetap dalam keadaan siap di pakai dengan memuaskan.akibat dari pemakainakan menimbulkan kekuranganatau kerusakan.sebab itu secara berkala:

v mesin perlu di bersikan

v diberi minyak pada begian-bagian yang selalu bergerak

v disesuaikan & mengamati bagian-bagianyang telah aus atau rusak dengan yang baru

Cara prevektif yaitu memeriksa kemunkinan kerusakan sebelum terjadi.hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan pemeriksaan pada saat-saat mesin istirahat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan .pemeliharaan prevektif akan lebih memuaskan baik dari segi biaya,ketehanan mesin,maupun produktivitasnya.

Sumber : https://pitchengine.com/bloggings/2019/11/07/education-is-the-step-towards-evolution/002518291996124801335