Sudah Diumumkan, Hasil UN SMP Alami Kenaikan

Sudah Diumumkan, Hasil UN SMP Alami Kenaikan

Sudah Diumumkan, Hasil UN SMP Alami Kenaikan

Sudah Diumumkan, Hasil UN SMP Alami Kenaikan
Sudah Diumumkan, Hasil UN SMP Alami Kenaikan

Hasil UNBK SMP sebagian telah diumumkan pada Se­lasa (28/5). Hal itu berdasarkan jadwal

yang telah diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemen­dikbud). Pihak kemendikbud telah menyerahkan hasil UNBK SMP 2019 ke pemerintah daerah pada Jumat (24/5).

Mengutip dari laman resmi kemen­dikbud.go.id, secara umum terjadi kenaikan hasil UN, baik dari jenjang SMP dan MTs negeri maupun swasta. Hal itu disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Ba­litbang), Totok Suprayitno, saat me­nyerahkan hasil UN 34 provinsi di kantor kemendikbud, Jakarta (24/5).

“Terjadi kenaikan prestasi anak-anak. Ini terlihat dari yang (tahun lalu) UNBK ke

(tahun ini) UNBK terjadi kenaikan di semua jenis sekolah. Seperti di SMP, MTs negeri maupun swasta,” ujar Totok Suprayitno. Untuk paket B, meskipun tidak mengalami kenaikan seperti di SMP dan MTs, untuk mata pelajaran matematika dan sains tetap terjadi ke­naikan. Kenaikan tersebut diukur ber­dasarkan sekolah yang telah mengikuti UNBK dua tahun berturut-turut.

Hal tersebut karena sekolah yang telah melaksanakan UNBK dianggap memiliki integritas seratus persen. Sedangkan hasil UNBK SMP 2019 akan diumumkan pada 27-28 Juni 2019 di masing-masing sekolah. Lalu dari sisi kecurangan, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud, Muchlis Ran­toni Luddin, menyebut masih ada kecurangan pada Ujian Nasional Ber­basis Komputer (UNBK).

Berdasarkan hasil verifikasi, seba­nyak 55 anak melakukan pelanggaran.

Untuk penanganannya, pelaku ke­curangan mendapatkan sanksi ber­upa nilai “0”. Namun mereka menda­patkan kesempatan ujian ulang pada 12 Juni di sekolah masing-masing.

Sementara itu, UNBK yang disebut Computer Based Test (CBT) merupa­kan sistem ujian nasional dengan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK ber­beda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL).

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/SX5J9VG