Model Komunikasi

Model Komunikasi

Model Komunikasi

Model Komunikasi
Model Komunikasi

Salah satu fokus dalam menggunakan LAN adalah masalah pengendalian atas banyak pemakai yang berbagi fasilitas. Dua cara telah dibuat – contention based control yang mencerminkan filosofi “ yang terdahulu dilayani  terdahulu “ dan token passing control yang lebih teratur.

Berbagai perangkat keras jaringan komputer telah mendorong pembuat peralatan tersebut untuk menetapkan arsitektur-arsitektur jaringan standar. IBM merintis dengan System Network Architecture (SNA), tetapi usaha menuju standar internasional berpuncak dalam model Open System Interconection (OSI).

Jaringan komputer sangat penting bagi perusahaan sehingga manajemen  jaringan yang baik yang didasarkan pada perancangan merupakan suatu keharusan. Manajer jaringan adalah elemen kunci dalam program ini.

Jaringan komputer membantu manajer dalam menghilangkan penghalang geografis dalam penggunaan komputer. Jaringan komputer membantu perusahaan dengan memungkinkan suatu strategi sentralisasi maupun disentralisasi pengambilan keputusan.

Bentuk yang paling umum dari komunikasi manusia adalah saat seseorang berbicara pada orang yang lain. Proses ini digambarkan dalam ganbar berikut ini.

img_01.gif

Diagram tersebut dinamakan model dasar komunikasi, dan dua elemen yang terpenting adalah pengirim dan penerima. Saat seseorang berbicara pada orang yang lain, pengirim menggunakan otak dan suaranya sebagai pembuat kode (coder) untuk menempatkan komunikasi itu  atau pesan  menjadi bentuk yang dapat dikirimkan. Pesan harus bergerak melalui sejenis jalur, yang dinamakan saluran (channel) untuk mencapai penerima. Pesan verbal yang dikomunikasikan dalam percakapan tatap muka bergerak dalam bentuk gelombang suara melalui udara. Saat pesan mencapai penerima, pesan tersebut harus diuraikan kodenya (decoded). Telinga dan otak penerima berfungsi sebagai pengurai kode (decoder).

Sumber : https://usgsprojects.org/