Cara Mudah Mengidentifikasi / Menemukan Unsur-Unsur Cerita

Cara Mudah Mengidentifikasi / Menemukan Unsur-Unsur Cerita

Cara Mudah Mengidentifikasi / Menemukan Unsur-Unsur Cerita

Cara Mudah Mengidentifikasi / Menemukan Unsur-Unsur Cerita

 

Menemukan Unsur-Unsur Cerita

Pada saat kamu mendengarkan cerita atau pembacaan cerita, dapatkah kamu memahami unsur-unsurnya? Apa saja unsur-unsur dalam sebuah cerita? Unsur-unsur cerita dapat diidentifikasi melalui dua unsur, yaitu intrinsik dan ekstrinsik.

 

Unsur-Unsur Cerita

Untuk memahami isi cerita yang didengar, kamu harus memerhatikan unsur-unsur pembangun cerita tersebut. Unsur-unsur tersebut meliputi sebagai berikut.

 

1. Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik, yaitu unsur pembangun cerita yang berasal dari dalam cerita itu sendiri. Unsur ini meliputi sebagai berikut.

1) Tema, artinya gagasan pokok cerita. Tema yang diangkat dalam cerita antara lain kehidupan bermasyarakat, ketuhanan, kasih sayang, keagamaan, adat, budaya, dan sebagainya.

2) Penokohan, yaitu tokoh dan karakter tokoh-tokoh cerita. Jenis tokoh antara lain protagonis (berwatak baik), antagonis (berwatak jahat), dan tritagonis (penengah).

3) Amanat, pesan yang disampaikan pengarang kepada pendengar lewat cerita.

4) Setting, yaitu tempat, suasana, dan waktu terjadinya cerita.

5) Alur, merupakan rangkaian peristiwa yang membentuk cerita.

6) Sudut pandang (point of view), yaitu cara pandang pengarang dalam menempatkan dirinya dalam suatu cerita.

 

2. Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik, yaitu unsur pembangun cerita yang berasal dari luar cerita. Namun, unsur ini cukup memengaruhi cerita yang dibuat. Metamorfosis Unsur ini meliputi nilai moral, agama, sosial, budaya, pendidikan, dan ideologi yang melatarbelakangi kehidupan pengarang.

 

Mengidentifikasikan Unsur-Unsur Cerita

Mengidentifikasi berarti menguraikan atau menjelaskan secara rinci hal tau objek cerita yang akan dikaji. Mengidentifikasi unsur cerita berarti menanggapi secara rinci unsur-unsur cerita, baik unsur intrinsik maupun unsur ekstrinsiknya.