Larutan Hartman (Natrium laktat untuk infus l.V.)

Larutan Hartman (Natrium laktat untuk infus l.V.)

Larutan Hartman (Natrium laktat untuk infus l.V.)

Larutan Hartman (Natrium laktat untuk infus l.V.)
Larutan Hartman (Natrium laktat untuk infus l.V.)

Natrium : 131 mmol/liter

Kalium : 5 mmol/liter

Kalsium : 2 mmol/liter

HCO (sebagai laktat) : 29 mmol/litcr

Cl : 111 mmol/liter

Metoheksiton dapat digunakan pada hewan semua umur. Pada dewasa 5 mg/Kg I.V. diberikan perlahan-lahan untuk menghasilkan anes-tesi bedah ringan, cocok untuk intubasi endotrakeal sesudah 2-3 menit. Kepulihan terjadi sesudah kira-kira 20 menit. Pada pedet dosis 6 mg/Kg I.V. diberikan selama 60-90 detik menghasilkan anestesi selama 8-10 menit, kepulihan sempurna terjadi sesudah15 menit.

 

Teknik inhalasi sangat bermanfaat tetapi diperlukan banyak gas.

Prosedur standar rnenggunakan teknik sirkuit tertutup dengan serapan soda kapur tetapi diperlukan mesin anestetik lebih besar dan khusus untuk hewan berumur lebih dari 6 bulan. Prosedur dan obat yang digu­nakan serupa dengan yang digunakan untuk domba dan kambing tetapi aliran gas sedikit lebih cepat. Selama stabilisasi digunakan kecepatan aliran 5-6 liter/menit dan 1-2 liter/menit untuk mempertahankan anestesi.

 

Eutanasi

Pistol biasa atau pistol khusus cocok untuk membunuh sapi dan kerbau. Jika dipakai pistol khusus, hewan besar hanya dipingsankan sehingga sumsumnya harus segera dipotong dan darahnya dikeluarkan. Posisi pistol untuk sapi dan pedet serupa dengan kalau membunuh domba tidak bertanduk. Sapi jantan mempunyai pengerasan seperti tulang di tengah dahi, sehingga jika dipakai pistol khusus, pistol digeser 1 cm dari garis tengah untuk menghindari tulang itu. Kerbau bisa juga dibunuh dengan pistol biasa. Tetapi, jika dipakai pistol khusus, pistol ditempelkan di tengah kepala di belakang tanduk di tiiik tengah garis yang menghubungkan kedua telinga, sehingga “peluru” masuk vertikal.

Sapi atau kerbau muda bisa dibunuh dengan suntikan I.V. pentobarbiton (20 mg/Kg) dan magnesium sulfat (150 mg/Kg), tetapi jika dipakai cara ini, dagingnya tidak boleh dimakan manusia atau hewan.

Baca Juga :